visitaaponce.com

Tiongkok Kirimkan Astronaut ke Stasiun Luar Angkasa Tiangong

Tiongkok Kirimkan Astronaut ke Stasiun Luar Angkasa Tiangong
Tiga astronaut Tiongkok bersiap bertolak ke Stasiun Luar Angkasa Tiangong.(AFP/STR)

TIONGKOK, Sabtu (16/10), meluncurkan roket yang membawa tiga astronaut ke stasiun luar angkasa baru mereka. Para astronaut itu akan menjalani misi luar angkasa terlama Tiongkok saat negara itu berusaha menjadi salah satu kekuatan baru di luar angkasa.

Ketiga astronaut itu bertolak tidak lama setelah tengah malam dari pusat peluncuran roket Jiuquan di Gurun Gobi. Mereka dijadwalkan tinggal di Stasiun Luar Angkasa Tiangong selama 6 bulan.

Setelah keberangkatan roket itu. Badan Luar Angkasa Tiongkok mengklaim peluncuran roket itu berlangsung sukses dan ketiga astronaut mereka dalam kondisi baik-baik saja.

Baca juga: Besok, Tiongkok akan Luncurkan Misi Luar Angkasa Berawak

Misi yang berdurasi dua kali lipat dibandingkan misi sebelumnya, yang hanya selama 90 hari, akan mencakup pemasangan peralatan dan alat uji teknologi yang akan digunakan di Tiangong.

Komandan misi Zhai Zhigang, 55, mantan pilot pesawat tempur, yang merupakan warga Tiongkok pertama yang melakukan spacewalk, mengatakan timnya akan melakukan sejunmlah spacewalk yang lebih rumit dibandingkan misi sebelumnya.

Tim astronaut Tiongkok itu mencakup pilot militer Wang Yaping, 41, yang akan menjadi perempuan pertama yang bertolak ke Tiangong, setelah dia sebelumnya menjadi perempuan Tiongkok pertama yang mencapai luar angkasa pada 2013.

Astronaut ketiga adalah pilot Angkatan Udara Tiongkok Ye Guangfu, 41.

Misi pertama di Tiangong telah kembali ke Bumi, September lalu, setelah menghabiskan waktu 3 bulan di stasiun luar angkasa itu.

Tiangong, yang berarti Istana Langit, diharapkan beroperasi selama setidaknya 10 tahun.

Modul inti stasiun luar angkasa itu memasuki orbit pada awal tahun ini dan stasiun luar angkasa itu akan beroperasi penuh pada 2022. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat