visitaaponce.com

Akhiri Krisis Sudan, Utusan PBB Mediasi Internasional Tengah Dilakukan

Akhiri Krisis Sudan, Utusan PBB: Mediasi Internasional Tengah Dilakukan
Di Kota Khartoum, Sabtu (30/10), para demonstran berunjuk rasa menuntut transisi demokrasi setelah pengambil alihan kekuasaan oleh militer.(AFP)

UPAYA mediasi di Sudan dan di luar negeri sedang dilakukan untuk menemukan solusi yang mungkin bagi negara itu seminggu setelah pemerintah sipil digulingkan dalam kudeta militer. Hal itu disampaikan oleh utusan PBB untuk Khartoum pada Senin (1/11).

"Banyak lawan bicara yang kami ajak bicara di Khartoum, tetapi juga secara internasional dan regional, mengungkapkan keinginan kuat agar kami bergerak cepat untuk keluar dari krisis dan kembali ke langkah normal," kata Volker Perthes kepada wartawan di markas besar PBB di New York, selama konferensi video dari ibu kota Sudan.

Pada Minggu (31/10), utusan PBB untuk Sudan itu bertemu dengan Perdana Menteri yang digulingkan Abdalla Hamdok, yang berada di bawah tahanan rumah. Perthes mengatakan di Twitter bahwa mereka membahas opsi untuk mediasi dan jalan ke depan untuk Sudan.

Perthes pada Senin (1/11) mendesak Sudan untuk kembali ke langkah-langkah transisi politik, seperti yang dilihat sebelum 25 Oktober 2021, tanggal kudeta.

Pada Senin (1/11), Hamdok mengatakan pemulihan pemerintahannya dapat membuka jalan menuju solusi di negara itu, menurut sebuah pernyataan dari Kementerian Informasi.

Menurut pernyataan itu, Hamdok menuntut agar situasi di Sudan kembali seperti sebelum kudeta, menolak untuk berunding dengan penguasa militer.

Pada 25 Oktober 2021, Jenderal tertinggi Sudan Abdel Fattah al-Burhan membubarkan kabinet serta Dewan Kedaulatan militer-sipil yang memimpin transisi Sudan menuju pemerintahan sipil penuh setelah penggulingan otokrat Omar al-Bashir pada 2019.

Dalam sebuah langkah yang secara luas dikutuk secara internasional, Burhan mengumumkan keadaan darurat dan menahan para pemimpin sipil Sudan, termasuk Hamdok dan anggota pemerintahannya.

Hamdok, seorang ekonom internasional, kemudian dibebaskan dan ditempatkan secara efektif di bawah tahanan rumah. (AFP/Nur/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat