visitaaponce.com

Putin-Biden Sepakat untuk Bertemu Bahas Solusi Krisis Ukraina

Putin-Biden Sepakat untuk Bertemu Bahas Solusi Krisis Ukraina
Pada 16 Juni 2021, Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) dan Presiden AS Joe Biden pernah bertemu di Villa La Grange, Jenewa, Swiss.(SAUL LOEB / POOL / AFP)

PRESIDEN Rusia Vladimir Putin dan Presiden AS Joe Biden telah menyetujui pertemuan puncak. Pertemun itu akan diadakan hanya jika Moskow tidak menginvasi Ukraina. Hal itu diumumkan oleh Prancis pada Senin menyusul babak baru diplomasi untuk mencegah perang habis-habisan.

Kedua pemimpin pada prinsipnya telah menyetujui pertemuan tersebut, yang diusulkan oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron, menurut kantornya. Gedung Putih pun mengonfirmasi kesediaan Biden, meskipun sangat berhati-hati.

Elysee menambahkan bahwa KTT akan diperluas ke pemangku kepentingan terkait dan bahwa persiapan akan dimulai antara Rusia dan Amerika Serikat pada Kamis (24/2) mendatang.

Dalam pernyataannya sendiri, Gedung Putih memperingatkan bahwa pihaknya masih siap untuk menjatuhkan konsekuensi yang cepat dan berat jika Rusia menyerang.

Baca juga: AS Sebut Rusia Bisa Serang Beberapa Kota di Ukraina

"Dan saat ini, Rusia tampaknya melanjutkan persiapan untuk serangan skala penuh di Ukraina segera," kata Sekretaris Pers AS Jen Psaki.

AS dan negara-negara Barat lainnya mengatakan bahwa Rusia telah mengumpulkan lebih dari 150.000 tentara di perbatasan Ukraina dan siap untuk melancarkan serangan skala penuh.

Sementara itu, Moskow menyangkal niat untuk menyerang Ukraina, tetapi telah menuntut agar aliansi NATO secara permanen mengesampingkan tawaran Ukraina untuk menjadi anggota dan menyerukan penarikan pasukan Barat yang dikerahkan di Eropa timur sejak akhir Perang Dingin.

Pengumuman KTT itu datang beberapa saat setelah Macron mengadakan panggilan maraton keduanya dengan Putin hari itu. (AFP/Nur/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat