visitaaponce.com

Patung Lilin Putin di Museum Grevin Dipindahkan ke Gudang

Patung Lilin Putin di Museum Grevin Dipindahkan ke Gudang
Patung lilin Presiden Rusia Vladimir Putin dikemas untuk disimpan di dalam gudang di Museum Grevin, Prancis.(AFP/JULIEN DE ROSA )

MUSEUM Grevin di Paris, Prancis, Selasa (1/3), memindahkan patung lilin Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai protes terhadap invasi Rusia ke Ukraina dan setelah patung itu dirusak pengunjung selama akhir pekan.

Patung yang dibuat pada 2000, dipindahkan ke gudang sampai pemberitahuan lebih lanjut dan museum sedang mempertimbangkan untuk menggantinya dengan patung Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

"Hari ini, tidak mungkin lagi menampilkan karakter seperti dia. Untuk pertama kalinya dalam sejarah museum, kami menarik patung karena peristiwa sejarah yang sedang berlangsung," kata Direktur Museum Grevin Yves Delhommeau kepada radio France Bleu, Rabu (2/3).

Baca juga: KSAL: Perang Rusia-Ukraina tak Berimbas ke Alutsista TNI AL

Delhommeau mengatakan, selama akhir pekan, patung itu mendapat serangan dari pengunjung dan tampak acak-acakan.

"Mengingat apa yang telah terjadi, kami dan staf kami tidak ingin memperbaiki rambut dan penampilannya setiap hari," kata Delhommeau.

Seorang juru bicara museum mengatakan tidak jelas dalam keadaan apa patung itu akan kembali.

Ditanya siapa yang sekarang mungkin menggantikan Putin di tempat kosong antara patung Presiden AS Joe Biden dan Presiden Tiongkok Xi Jinping itu, Delhommeau mengatakan mungkin Presiden Ukraina.

"Mungkin presiden Zelensky akan menggantikannya. Dia telah menjadi pahlawan karena telah melawan dan tidak melarikan diri dari negaranya. Dia bisa dengan sempurna menggantikan posisinya di antara orang-orang hebat dalam sejarah dan hari ini," katanya.

Pada 2014, setelah aneksasi Rusia atas Krimea dari Ukraina, seorang demonstran dengan tulisan 'Bunuh Putin' di dadanya yang telanjang menikam patung itu dan menghancurkan kepalanya. (Ant/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat