visitaaponce.com

Spanyol Siap Pasok Senjata ke Ukraina

Spanyol Siap Pasok Senjata ke Ukraina
Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sanchez.(dok.AFP)

PERDANA Menteri Pedro Sanchez, mengatakan Spanyol akan memasok senjata langsung ke Ukraina setelah invasi Rusia. Pernyataan itu keluar setelah dua hari menyatakan Madrid hanya akan berkontribusi melalui mekanisme pendanaan Uni Eropa.

Langkah itu dilakukan setelah tekanan pada pemerintah koalisi sayap kiri Sanchez, untuk mengambil pendekatan yang lebih proaktif terhadap perang yang berkecamuk di sisi timur Eropa.

"Spanyol akan memberikan perangkat keras militer ofensif perlawanan Ukraina," kata Sanchez, pada Rabu waktu setempat.

Menteri Pertahanan Margarita Robles mengatakan kepada televisi Antena 3 bahwa perangkat keras itu termasuk 1.370 peluncur granat, 700.000 amunisi dan senjata otomatis ringan.

Menteri mengatakan bahan yang dapat digunakan oleh orang-orang yang tidak memiliki banyak pengalaman dalam menangani senjata akan berangkat dari Spanyol pada Jumat pagi. Itu akan dikirim dengan menggunakan dua pesawat yang akan mendarat di daerah Polandia yang sangat dekat dengan perbatasan Ukraina dan akan dikumpulkan di sana oleh otoritas Ukraina.

Sanchez sebelumnya mengatakan Spanyol hanya akan memasok kemampuan ofensif melalui Fasilitas Perdamaian Eropa (EPF) UE, mekanisme pendanaan 450 juta euro ($500 juta) yang diaktifkan pada hari Minggu untuk memberikan bantuan militer ke Ukraina.

Amerika Serikat, Kanada, dan lebih dari sejumlah negara Eropa sejauh ini telah menyetujui permohonan Ukraina untuk peralatan militer. (AFP/OL-13)

Baca Juga: Majelis Umum PBB Desak Rusia Tinggalkan Ukraina

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat