visitaaponce.com

Korea Utara Tembakkan Proyektil Tak Dikenal, Tapi Gagal

Korea Utara Tembakkan Proyektil Tak Dikenal, Tapi Gagal
Warga menonton layar televisi yang menayangan uji coba rudal Korea Utara di sebuah stasion kereta di Seoul, Korea Selatan, Rabu (16/3).(Jung Yeon-je / AFP)

KOREA Utara menembakkan proyektil tak dikenal pada Rabu (16/3) tetapi peluncuran itu tampaknya gagal.

"Korea Utara menembakkan proyektil yang tidak diketahui dari daerah Sunan sekitar pukul 09.30 hari ini, tetapi diduga gagal segera setelah diluncurkan," kata Kepala Staf Gabungan Seoul dalam sebuah pernyataan.

Peluncuran yang gagal itu akan menjadi uji coba senjata kesepuluh Pyongyang sepanjang tahun ini, menyusul tujuh uji coba rudal dan dua di antaranya disebut sebagai "satelit pengintai".

Korea Selatan dan Amerika Serikat (AS) mengatakan pekan lalu bahwa uji coba itu sebenarnya dari sistem rudal balistik antarbenua (ICBM) baru yang belum pernah diluncurkan sebelumnya.

Peluncuran pada 27 Februari dan 5 Maret 2022 juga dari daerah Sunan di Pyongyang, menurut militer Korea Selatan.

Baca juga: Ada Pembangunan Konstruksi di Lokasi Uji Coba Nuklir Korea Utara

Media Jepang melaporkan pada Rabu (16/3) bahwa Korea Utara telah meluncurkan kemungkinan rudal balistik, yang mengutip seorang pejabat Kementerian Pertahanan yang tidak disebutkan namanya.

Kementerian menolak untuk mengonfirmasi laporan tersebut dan tidak ada peringatan dari Penjaga Pantai kepada kapal-kapal lokal, yang umumnya menyertai peluncuran rudal Korea Utara.

Penyiar nasional NHK mengatakan pejabat senior pemerintah bertemu di kantor perdana menteri untuk membahas situasi tersebut.

"Tanda-tanda menunjukkan uji coba Hwasong-17 hari ini," kata Cheong Seong-chang, peneliti senior di Institut Sejong swasta kepada AFP.

Kegagalan peluncuran rudal tersebut, katanya, akan dipelajari dengan cermat oleh Pyongyang dan dibutuhkan sekitar tiga uji coba untuk memastikan rudal itu berfungsi.

"Saya memperkirakan Korea Utara akan melakukan satu atau dua uji coba lagi sebelum 15 April (2022)," katanya.

Untuk diketahui, Korea Utara akan menandai peringatan 110 tahun kelahiran pemimpin pendiri dan kakek Kim, Kim Il Sung, pada April.

Negara tersebut biasanya menandai peringatan tersebut dengan peluncuran atau parade militer. Adapun gambar satelit menunjukkan bahwa Korea Utara sedang mempersiapkan parade militer. (AFP/Nur/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat