visitaaponce.com

Jika Ukraina Batal Jadi Anggota NATO, Rusia Siap Tarik Militernya

Jika Ukraina Batal Jadi Anggota NATO, Rusia Siap Tarik Militernya
Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov.(MAXIM SHEMETOV / POOL / AFP)

AKHIR perseteruan Ukraina dengan Rusia semakin dekat. Syarat mencapainya segera lahir yakni Ukraina membatalkan permohonan keanggotaan NATO (Pakta Pertahanan Atlantik Utara) yang akan dibayar dengan penarikan pasukan Rusia.

Hal itu dipaparkan Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia, Sergei Lavrov, dan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy. Keduanya meyakini telah membuat kemajuan dalam negosiasi.

“Negosiasi tidak mudah karena alasan yang jelas. Namun demikian ada beberapa harapan untuk mencapai titik kompromi," kata Lavrov.

Rusia akan menarik semua serdadunya jika Ukraina tidak bergabung dengan NATO.

“Status netral sekarang sedang dibahas serius secara serius, tentunya dengan jaminan keamanan. Ada kata-kata yang benar-benar spesifik dan, dalam pandangan saya, kedua pihak hampir menyetujuinya,” papar Lavrov.

Lavrov mengatakan Rusia menentang setiap pemberontakan atau pengkhianatan untuk kepentingan Amerika Serikat (AS) dan negara-negara di Eropa. Penyerbuan ke Ukraina merupakan bentuk nyata Moskow dalam melindungi kedaulatan.

“Jika Barat berpikir bahwa Rusia akan mundur, mereka tidak memahami Rusia,” katanya.

Sementara itu Zelenskiy juga optimistis negosiasi dengan Rusia akan segera membuahkan hasil. “Setiap perang berakhir dengan kesepakatan,” katanya.

Perdana Menteri Slovenia, Janez Janša mengaku telah menemui Zelenskiy di Kyiv pada Selasa, (15/3), malam.

Menurut Janša, Zelenskiy akan melakukan amendemen konstitusi Ukraina untuk menghapus harapan bergabung dengan NATO.

“Zelenskiy berbicara tentang membuat beberapa konsus baru dalam konstitusi. Ada sebuah frasa dalam konstitusi Ukraina yang berisi keinginan mendapatkan keanggotaan NATO dan Eropa," tegasnya. (The Guardians/Cah/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat