visitaaponce.com

Biden Balik Tuding Putin akan Gunakan Senjata Kimia dan Biologi di Ukraina

Biden Balik Tuding Putin akan Gunakan Senjata Kimia dan Biologi di Ukraina
Presiden AS Joe Biden menuduh Presiden Rusia Vladimir Putin mempertimbangkian senjata kimia/biologi di Ukraina(dok.AFP)

PRESIDEN AS Joe Biden menuduh Rusia sedang mempertimbangkan penggunaan senjata kimia dan biologi di Ukraina. Hal ini membalas tudingan Rusia yang menuduh Amerika Serikat menyimpan senjata kimia dan biologi di Eropa. "Sama sekali tidak benar. Saya jamin," kata Biden pada pertemuan para pemimpin bisnis AS di Washington, Senin waktu setempat.

"Mereka juga menyarankan agar Ukraina memiliki senjata biologi dan kimia di Ukraina. Itu tanda yang jelas dia mempertimbangkan untuk menggunakan keduanya," kata Biden.

Peringatannya menggemakan pernyataan yang dibuat oleh pemerintahannya awal bulan ini serta negara-negara Barat lainnya, setelah pejabat Rusia menuduh Ukraina berusaha menyembunyikan dugaan program senjata kimia yang didukung AS.

"Sekarang Rusia telah membuat klaim palsu ini. Kita semua harus mewaspadai Rusia untuk kemungkinan menggunakan senjata kimia atau biologi di Ukraina, atau untuk membuat operasi bendera palsu dengan menggunakan mereka," cuit Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki di Twitter.

Pada Senin, Biden juga menegaskan kembali bahwa tindakan seperti itu akan memicu tanggapan yang keras. Putin, katanya, tahu akan ada konsekuensi berat karena front NATO yang bersatu, tanpa merinci tindakan apa yang akan diambil aliansi tersebut.

Pada acara yang sama, Biden mencatat bahwa dia telah memperingatkan Putin tentang tanggapan AS jika Rusia meluncurkan serangan siber terhadap infrastruktur penting AS.

"Kami memiliki percakapan yang panjang tentang jika dia menggunakannya, apa konsekuensinya," kata Biden, yang merujuk pada pertemuan puncak dengan pemimpin Rusia itu tahun lalu di Jenewa.

"Jika Anda belum melakukannya, saya mendesak mitra sektor swasta kami untuk segera memperkuat pertahanan siber Anda," katanya. Dia mengutip intelijen yang berkembang bahwa pemerintah Rusia sedang menjajaki opsi untuk kemungkinan serangan siber termasuk dalam menanggapi sanksi Barat atas Operasi Khusus Moskow ke Ukraina. (AFP/OL-13)

Baca Juga: Pasukan Rusia Bubarkan Pengunjuk Rasa Ukraina dengan Tembakan

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat