visitaaponce.com

Black Box China Eastern Rusak, Hambat Pengambilan Data

Black Box China Eastern Rusak, Hambat Pengambilan Data
Ilustrasi blackbox(ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

KEMENTERIAN Keselamatan Penerbangan di Administrasi Penerbangan Sipil Tiongkok (CAAC) menyatakan proses pengambilan data dari balck box pesawat MU5735 milik China Eastern Airlines membutuhkan waktu lama. Pasalnya kondisi alat perekam komunikasi di kokpit itu ditemukan dalam keadaan rusak parah.

“Kotak hitam telah dikirim untuk dienkripsi di Beijing. Prosesnya akan memakan waktu lebih lama, jika ada kerusakan di dalamnya,” kata Direktur CAAC Zhu Tao.

Menurut dia, data yang diperoleh dari perekam itu akan memberikan informasi berharga untuk proses investigasi. Pihaknya juga belum mengetahui alat yang ditemukan merekam suara atau data.

Kotak hitam lainnya masih dicari oleh tim untuk menyempurnakan temuan alat sebelumnya. Pesawat nahas yang membawa 132 orang itu jatuh di pegunungan Guangxi.

Pesawat dengan rute Kunming-Guangzhou jatuh secara vertikal pada Senin (21/3). Zheng Xi yang menjabat Kepala Korps Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Guangxi mengatakan di lokasi kecelakaan terdapat puing-puing pesawat dan potongan tubuh manusia.

Baca juga: Kotak Hitam Pesawat China Eastern ditemukan Rusak Parah

Pejabat China Eastern Shangguan Xuemin mengatakan sekitar 300 anggota keluarga dari 71 penumpang telah tiba di Guangxi untuk pengambilan sampel DNA.

“Karena penumpangnya dari berbagai provinsi dan kota, berbagai pemerintah telah bekerja sama dengan satgas (tabrakan udara) untuk memberikan bantuan dan bantuan kepada anggota keluarga untuk bepergian ke sini".(Straits Times/OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat