visitaaponce.com

Penumpang Terinfeksi Covid-19, Kapal Pesiar Ruby Princess Terpaksa Sandar

Penumpang Terinfeksi Covid-19, Kapal Pesiar Ruby Princess Terpaksa Sandar
Kapal pesiar Ruby Princess saat meninggalkan Pelabuhan Kembla, sekitar 80 km selatan Kota Sydney, Australia, Rabu (23/3/2022).(Saeed KHAN / AFP)

SEBUAH kapal pesiar mewah, Ruby Princess berlabuh di San Francisco, Amerika Serikat (AS) pada Minggu (27/3) menyusul temuan penumpang dan awak kapal terinfeksi covid-19.

Padahal seluruhnya sudah dipastikan disuntik vaksin virus ini secara penuh sebelum berlayar 15 hari sebelumnya.

Kapal yang memiliki segudang fasilitas dan ratusan kamar tidur itu telah berlayar dari Fort Lauderdale, Florida, ke Cartagena, Columbia; Puerto Amador dan Puntarenas, Panama; dan Cabo San Lucas, Meksiko, sebelum tiba di San Francisco, kata juru bicara Princess Cruises kepada ABC News.

Sebelum berlayar, semua penumpang dan awak kapal telah dipastikan memiliki keterangan vaksinasi penuh. Namun juru bicara kapal itu tidak mengungkapkan jumlah yang terinfeksi virus ini.

Baca juga: Kasus Covid-19 Melonjak, Shanghai Lakukan Lockdown Lebih Luas

"Seperti semua rencana perjalanan bangsawan, pelayaran ini dioperasikan sebagai pelayaran yang diikuti oleh orang yang sudah divaksinasi, seperti yang didefinisikan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit. Tingkat vaksinasi tamu dan kru mencapai 100%."

"Selama pelayaran, kami mengidentifikasi beberapa kasus positif covid-19 di antara tamu dan kru kami. Mereka semua tidak menunjukkan gejala atau hanya menunjukkan gejala ringan dan diisolasi serta dikarantina sambil dipantau dan dirawat oleh tim medis kapal kami," tambah keterangan resmi juru bicara kapal tersebut.

Pihak Princess Cruises, selaku pengelola Ruby Princess akan memulangkan yang terinfeksi covid-19 kepada pihak yang tidak ingin melanjutkan pelayaran. Kapal ini dijadwalkan akan menuju Hawai dan menikmatinya selama 15 hari ke depan.

Kasus ini terjadi hanya dua minggu setelah pihak pengawas covid-19 AS menurunkan level potensi paparan virus ini di kapal pesiar dari 3 ke 2. Level 3, yang berarti risiko kesehatan tinggi, ke Level 2, atau risiko kesehatan sedang.

Pihak berwenang membuat keterangan bahwa angka kasus covid-19 di kapal tersebut masuk dalam kategori orange atau sekurang-kurangnya 0,3% dari total penumpang dan awak kapal.

Kasus ini adalah kedua kalinya sejak awal 2022 Ruby Princess berlabuh di San Francisco dengan penumpang yang terinfeksi covid-19. Pada awal Januari, kapal tiba di The Golden City dari 10 hari pelayaran Meksiko dengan 12 kasus covid-19 di antara penumpang. (ABCNews/Cah/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat