visitaaponce.com

Indonesia Ingatkan Taliban untuk Penuhi Janjinya

Indonesia Ingatkan Taliban untuk Penuhi Janjinya
Pasukan Taliban saat berpatroli di wilayah Kandahar, Afghanistan.(AFP)

MENTERI Luar Negeri Retno Marsudi menekankan pentingnya Taliban untuk memenuhi janjinya. Hal itu disampaikan saat menghadiri pertemuan 'Neighbouring Countries of Afghanistan + Afghanistan Foreign Ministers Dialogue', yang berlangsung di Tunxi, Tiongkok.

"Taliban perlu mempertimbangkan penyusunan sebuah peta jalan atau roadmap terkait langkah nyata dan timeline pemenuhan janjinya," ujar Retno dalam press briefing secara virtual, Kamis (31/3).

"Hal penting yang perlu dihindari adalah semakin tertundanya pemenuhan janji, atau bahkan terjadi kemunduran atau regress. Ini saya tekankan dua kali," imbuhnya.

Baca juga: PBB Desak Taliban Izinkan Anak Perempuan Bersekolah

Retno juga menyoroti mengenai bantuan kemanusiaan ke Afghanistan. Menurutnya, bantuan kemanusiaan perlu untuk diprioritaskan. Saat ini, terdapat sejumlah inisiatif terkait bantuan kemanusiaan bagi negara yang dikuasai Taliban.

"Saya menekankan penting adanya sinergi dalam pemberian bantuan kemanusiaan, agar memberikan impact lebih besar kepada rakyat Afghanistan," pungkas Retno.

Baca juga: AS Izinkan Bank Global Transfer Dana Bantuan ke Afghanistan

Dia pun kembali menekankan bantuan dari Indonesia yang terus digulirkan untuk rakyat Afghanistan. Menurutnya, penting untuk menjamin bantuan ekonomi dan pembangunan untuk Afghanistan, karena upaya pemulihan harus berlanjut.

"Namun sekali lagi, penting bagi Taliban untuk memenuhi janji-janjinya. Karena pemenuhan janji atau pemenuhan komitmen akan menciptakan enabling environment bagi dukungan internasional terhadap pembangunan ekonomi Afghanistan," jelasnya.

Terakhir, Retno menyampikan pentingnya membangun kepercayaan antara Taliban dengan komunitas internasional. "Saya sampaikan trust atau kepercayaan ini tidak jatuh dari langit. Namun, harus dibangun dan dipelihara," tutup dia.(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat