visitaaponce.com

Menhan Israel Telepon Presiden Palestina Harap Ramadan Bawa Damai

Menhan Israel Telepon Presiden Palestina Harap Ramadan Bawa Damai
Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz tiba untuk menghadiri rapat kabinet di kantornya di Jerusalem, 14 Maret 2022.(AFP/Jack Guez.)

MENTERI Pertahanan Israel Benny Gantz berbicara dengan Presiden Palestina Mahmud Abbas melalui telepon pada Selasa (5/4) terkait bulan suci Ramadan. Menurut pernyataan kantor Gantz, menteri mengucapkan selamat bulan Ramadan kepada Ketua (Otoritas Palestina) Abbas dan rakyat Palestina.

"Ramadan harus menjadi bulan damai dan tenang dan bukan periode yang ditandai dengan teror," kata Gantz kepada Abbas, menurut pernyataan itu. Ia menunjuk pada serangan mematikan baru-baru ini di Israel.

Tahun lalu selama Ramadan, bentrokan berkobar antara pasukan Israel dan warga Palestina yang mengunjungi kompleks masjid Al-Aqsa di Jerusalem timur. Akibatnya, ini menyebabkan konflik yang menghancurkan selama 11 hari antara Israel dan penguasa Islam di Jalur Gaza, Hamas.

"Israel siap untuk memperluas tindakan sipil selama dan setelah Ramadan sesuai dengan situasi keamanan," tambah Gantz. Pernyataan itu tidak merinci langkah-langkah yang akan memengaruhi warga Palestina.

Dia juga menyatakan penghargaan atas komentar Abbas tentang serangan di kota Bnei Brak dekat Tel Aviv akhir bulan lalu. Presiden Palestina mengeluarkan kecaman yang jarang terjadi atas serangan 29 Maret saat lima orang tewas setelah seorang warga Palestina melepaskan tembakan ke orang yang lewat dengan mengatakan bahwa pembunuhan itu, Hanya akan menyebabkan memburuknya situasi lebih lanjut, sementara kita semua berjuang untuk stabilitas."

Baca juga: Hamas Setop Jihad Islami Palestina Kirim Roket ke Israel

Sebanyak 11 orang tewas dalam serangan di Israel sejak 22 Maret, termasuk beberapa yang dilakukan oleh penyerang yang terkait atau terinspirasi oleh kelompok ISIS. Selama periode yang sama, delapan warga Palestina tewas, menurut penghitungan AFP, termasuk dua penyerang dalam serangan anti-Israel dan enam orang yang menurut Israel telah melakukan serangan atau akan melakukannya. (AFP/OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat