visitaaponce.com

Iran Tangkap Tiga Tersangka Pembunuhan Ulama Suni

Iran Tangkap Tiga Tersangka Pembunuhan Ulama Suni
Karpet dan selimut musim dingin digantung di atap dan sisi bangunan untuk dikeringkan di ibu kota Iran, Teheran, pada 13 Maret 2022.(AFP/Atta Kenare. )

POLISI Iran menangkap tiga tersangka dalam pembunuhan bersenjata baru-baru ini terhadap dua ulama muslim suni, kata kepala otoritas kehakiman provinsi utara Golestan, Selasa (26/4).

Penyelidik telah menemukan bahwa ketiganya juga suni. "Mereka tidak memiliki hubungan dengan kelompok teroris," pejabat itu, Heydar Asyabi, seperti dikutip oleh kantor berita resmi IRNA.

Kedua ulama itu ditembak mati pada 2 April di luar suatu pesantren di kota Gonbad-e Kavus, media lokal melaporkan. "Kurang dari sebulan setelah kejahatan itu, pembunuh dua ulama Sunni dan dua kaki tangannya telah ditangkap," kata Asyabi tanpa menyebut nama tersangka.

Ia menambahkan bahwa kejahatan itu dimotivasi oleh konflik pribadi. Penggeledahan di rumah salah satu tersangka menemukan empat senjata.

Suni menjadi mazhab sekitar 5%-10% dari hampir 83 juta orang Iran. Syiah menjadi agama negara sejak awal abad ke-16.

Konstitusi Republik Islam menetapkan bahwa suni bebas untuk melakukan ritual keagamaan mereka. Golestan ialah provinsi setengah-Sunni di Laut Kaspia.

Baca juga: Iran Puji Pembicaraan Terbaru dengan Arab Saudi Bernilai Positif
 
 

Hampir seminggu setelah pembunuhan di Gonbad-e Kavus, seorang ekstremis suni yang dilaporkan berasal dari etnis Uzbekistan membunuh dua ulama syiah di tempat ibadah paling dihormati di Iran di timur laut kota Mashhad.

Pemimpin agama minoritas suni Iran, Molavi Abdol Hamid, meminta pihak berwenang Iran pada 8 April untuk menyelidiki secara menyeluruh kedua kasus tersebut dan mengutuk keras semua pembunuhan dalam pernyataan di situs resminya.(AFP/OL-14)



Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat