visitaaponce.com

Kyiv Desak MSF untuk Evakuasi Tentara dari Pabrik Baja Azovstal

Kyiv Desak MSF untuk Evakuasi Tentara dari Pabrik Baja Azovstal
Evakuasi anak-anak, perempuan dan lansia dari kota pelabuhan Mariupol, Ukraina yang hancur, digempur Rusia.(AFP)

PEMERINTAH Ukraina, mendesak lembaga bantuan Doctors Without Borders (MSF) untuk mengevakuasi tentaranya di kota pelabuhan Mariupol yang hancur, Sabtu waktu setempat.

Permohonannya datang hanya beberapa jam setelah Kyiv mengumumkan semua perempuan, anak-anak dan lansia telah diselamatkan dari terowongan dan bungker era Soviet di bawah pabrik baja Azovstal yang luas.

Kekhawatiran sekarang meningkat akan pertikaian antara para pejuang yang tersisa dan pasukan Rusia yang mengepung.

Dalam sebuah pernyataan, kementerian reintegrasi wilayah yang diduduki sementara Ukraina mengatakan bahwa Ukraina meminta MSF untuk mengatur misi untuk mengevakuasi para pembela Mariupol dan Azovstal dan memberikan perawatan medis kepada orang-orang yang terluka, yang hak asasi manusianya dilanggar oleh Federasi Rusia.

Mereka, tambahnya, telah berada selama 72 hari berturut-turut di bawah penembakan dan serangan yang sedang berlangsung oleh tentara Rusia.

"Sekarang, ada kekurangan obat-obatan, air dan makanan, tentara yang terluka sekarat karena gangren dan sepsis," katanya.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan pada Jumat bahwa opsi diplomatik sedang dilakukan untuk menyelamatkan tentara Ukraina dari pabrik baja Mariupol, sementara evakuasi sipil terus berlanjut. (AFP/OL-13)

Baca Juga: AS Kirim Lebih Banyak Senjata ke Ukraina

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat