visitaaponce.com

Presiden Zelensky Serangan Rusia Bak Virus Covid-22

Presiden Zelensky : Serangan Rusia Bak Virus Covid-22
Pasukan militer Ukraina menembakkan roket MLRS ke arah posisi tentara Rusia di wilayah Donbas, Ukraina, Selasa (7/6).( ARIS MESSINIS / AFP)

PRESIDEN Ukraina Volodymyr Zelensky telah membandingkan invasi Rusia dengan virus korona. Maka vaksinnya, alat untuk menghalau infeksi virus tersebut tidak lain kecuali senjata modern.

Zelensky memaparkan hal tersebut dalam  tautan video yang disiarkan saat pengumuman 100 orang paling berpengaruh tahun ini oleh majalah Time. "Militer Ukraina sekarat di medan perang," katanya.

Dia mempertanyakan kepada Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan anggota Kongres mengenai keseriusan dalam menghalau Rusia. “Senjata dan sanksi adalah vaksin melawan Covid-22 yang dibawa oleh Rusia,” kata Zelensky.

Itu beberapa jam usai dia mengatakan perjuangan untuk Sievierodonetsk dapat menentukan nasib seluruh Donbas, nama yang diberikan secara kolektif untuk provinsi Donetsk dan Luhansk di timur negaranya.

Baca juga: Putin Samakan Dirinya dengan Tsar Peter Agung

Militer Ukraina mempertahankan kawasan industri Sievierodonetsk, saat Rusia memusatkan serangan udara, artileri, dan tembakan mortir untuk menguasai garis depan. Sekitar sepertiga dari total pasukan Rusia terkonsentrasi di sekitar kota tersebut yang dihuni sekitar 10.000 warga sipil.

Serhiy Haidai, Gubernur Wilayah Lokal Luhansk, mengatakan bahwa keheningan di Sievierodonetsk hanya berlangsung ketika senjata diisi ulang dan bahwa perkelahian jalanan berlanjut di pusat kota saat pasukan Ukraina bertahan.

Pasukan Rusia memfokuskan seluruh kekuatan mereka di daerah itu, kata sekretaris dewan keamanan ukraina, Oleksiy Danilov. “Mereka tidak mengampuni orang-orang mereka, mereka hanya mengirim orang-orang seperti umpan meriam,” katanya.

“Mereka menembaki militer kita siang dan malam. Kedua belah pihak telah mengalami kerugian besar dalam pertempuran itu, dengan Ukraina mengakui jumlah yang tewas di front Donbas yang lebih luas bisa mencapai 100 orang atau lebih dalam sehari. Pasukannya tampaknya telah didorong kembali setelah serangan balik yang gagal selama akhir pekan," paparnya.

Komandan Batalion Penjaga Nasional Svoboda Ukraina, Petro Kusyk, mengatakan bahwa Ukraina menarik Rusia ke pertempuran jalanan untuk menetralisir keunggulan artileri Rusia. Namun dia mengatakan pasukannya menderita bencana kekurangan artileri untuk membalas senjata Rusia.

“Bahkan tanpa sistem ini, kami bertahan dengan baik. Ada perintah untuk menahan posisi kami dan kami menahannya. Sulit dipercaya apa yang dilakukan ahli bedah tanpa peralatan yang tepat untuk menyelamatkan nyawa tentara.”

Perwakilan tetap Rusia untuk PBB Vasily Nebenzya mengatakan bahwa pasukan Moskow membuat kemajuan yang stabil di Ukraina dan memperkirakan bahwa wilayah Donetsk dan Luhansk timur akan segera direbut.

Ia mengatakan "tampaknya bagi saya ada kemajuan. Tidak ada yang menjanjikan hasil dalam tiga hari atau seminggu. Berikan saja waktu dan Anda akan melihat wilayah Donetsk dan Luhansk dibebaskan. Dan, saya berharap, ini akan segera terjadi.”

Zelensky mengakui bahwa perjuangan di Sievierodonetsk, yang telah berkecamuk selama beberapa minggu, menjadi salah satu yang paling sulit sepanjang perang. "Dalam banyak hal, nasib Donbas kami ditentukan di sana".

Sebelumnya kota itu diyakini tidak terlalu strategis dan hanya menjadi umpan untuk menarik banyak korban dari pihak Rusia, tetapi Zelensky akhirnya menyatakan seluruhnya keliru. Wilayah itu salah satu dari dua pusat populasi terakhir di provinsi Luhansk yang Kontrol Kiev.

Haidai mengklaim jika Ukraina memiliki roket jarak jauh yang telah dijanjikan oleh AS dan Inggris, akan mungkin untuk merebut kembali kota itu dengan cepat.

“Duel artileri akan dimulai, Uni Soviet akan kalah dari barat, dan para pembela kami akan dapat membersihkan Sievierodonetsk dalam dua atau tiga hari,” katanya.

Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan pasukan Rusia juga "meningkatkan upaya mereka untuk maju ke selatan Izium, dari mana mereka gagal maju sejak April. Tenggara kota terletak kota-kota utama Sloviansk dan Kramatorsk, pusat populasi besar terakhir di provinsi Donetsk," jelas pernyataan resmi.

Serangan itu sebagian dirancang untuk menarik pasukan Ukraina menjauh dari pertempuran sengit lebih jauh ke timur.

“Rusia kemungkinan berusaha untuk mendapatkan kembali momentum di bidang ini untuk memberikan tekanan lebih lanjut pada Sievierodonetsk, dan untuk memberinya pilihan untuk maju lebih dalam ke oblast Donetsk,” tambah Kementerian Pertahanan Inggris. (The Guardian/Cah/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat