visitaaponce.com

Putra Mahkota Saudi Kunjungi Turki, Pertama sejak Pembunuhan Khashoggi

Putra Mahkota Saudi Kunjungi Turki, Pertama sejak Pembunuhan Khashoggi
Mohammed bin Salman.(AFP/Bandar Al-Jaloud/Saudi Royal Palace. )

PUTRA Mahkota Saudi Mohammed bin Salman akan mengunjungi Turki, minggu depan. Kunjungan ini ketika Ankara dan Riyadh mencoba memperbaiki hubungan retak setelah pembunuhan pada 2018 terhadap jurnalis Jamal Khashoggi di Istanbul.

Itu merupakan kunjungan pertama Pangeran Mohammed ke Turki sejak pembunuhan brutal terhadap orang dalam Saudi yang berubah menjadi kritikus, Khashoggi, di dalam konsulat kerajaan. Kejahatan itu mengejutkan dunia dan memberikan pukulan berat bagi hubungan antara rival regional tersebut.

"Putra mahkota akan berkunjung Rabu. Kami akan menyambutnya di istana kepresidenan di Ankara," kata Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan kepada wartawan, Jumat (17/6).

Rincian lebih lanjut dari perjalanan 22 Juni oleh penguasa de facto kerajaan akan diumumkan selama akhir pekan. Seorang pejabat senior Turki mengatakan itu kepada AFP sebelumnya.

Kedua negara akan menandatangani beberapa perjanjian selama perjalanannya karena Turki mencari mitra non-Barat untuk dukungan keuangan sebagai gigitan inflasi yang melonjak. Erdogan melakukan kunjungannya pada akhir April ke Arab Saudi sejak pembunuhan itu dan bertemu dengan sang pangeran sebelum melakukan perjalanan ke Mekah.

Agen Saudi membunuh dan memutilasi Khashoggi, yang menulis untuk Washington Post, pada Oktober 2018. Jenazahnya tidak pernah ditemukan.

Baca juga: Mohammed bin Salman Suka Main Gim Berjuluk Mr Everything

Turki membuat marah Arab Saudi dengan mengejar kasus tersebut pada saat itu, membuka penyelidikan, dan memberi pengarahan kepada media internasional tentang rincian pembunuhan yang mengerikan. Erdogan sebelumnya mengatakan tingkat tertinggi pemerintah Saudi memerintahkan pembunuhan itu, meskipun dia tidak pernah menyalahkan putra mahkota secara langsung.

Namun dengan hubungan yang membaik, pengadilan Istanbul menghentikan persidangan in absentia dari 26 tersangka Saudi yang terkait dengan kematian Khashoggi. Kasus itu pun ditransfer ke Riyadh pada April.

Memperbaiki hubungan 

Turki sudah memiliki hubungan yang tegang dengan Arab Saudi karena dukungannya kepada Qatar selama blokade yang dipimpin Riyadh pada 2017 di negara Teluk itu. Namun hubungan dibekukan untuk lebih dari tiga tahun setelah pembunuhan Khashoggi.

Baca juga: Joe Biden: Saya tidak akan Bertemu dengan MBS

Arab Saudi menanggapi pada saat itu dengan boikot tidak resmi terhadap impor Turki yang memberi tekanan pada ekonomi Turki. Eksportir Turki mengeluh barang mereka tertahan di bea cukai Saudi lebih lama dari yang diperlukan.

Sekarang dengan inflasi mencapai 73,5% pada Mei dan krisis biaya hidup setahun sebelum pemilihan presiden, Erdogan membutuhkan dukungan dari negara-negara Teluk. "Perhatian utama Turki yaitu mendapatkan dana Saudi untuk memasok pundi-pundi bank sentral yang sangat rendah," tutur Asli Aydintasbas, seorang rekan di Dewan Eropa untuk Hubungan Luar Negeri, mengatakan kepada AFP.

James Dorsey, seorang rekan senior di Institut Timur Tengah Universitas Singapura, mengatakan, "Kedua negara membutuhkan kunjungan ini." Sementara Turki mencari investasi keuangan, "Saudi mungkin tertarik dengan teknologi militer Turki. Ditambah lagi mereka berdua bersaing untuk kepemimpinan di kawasan," katanya.

Baca juga: Sepak Terjang Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman

Lira Turki kehilangan 44% nilainya terhadap dolar AS pada 2021. Bank sentral telah memompa miliaran dolar AS untuk menopang mata uang. Dalam 18 bulan terakhir, Turki juga berusaha memperbaiki hubungan dengan negara-negara kuat di kawasan seperti Israel dan Uni Emirat Arab. 

Bagi putra mahkota Saudi, status paria di Barat setelah Khashoggi tampaknya menjadi bagian dari masa lalu dengan Presiden AS Joe Biden menuju ke Timur Tengah bulan depan dan diharapkan berhenti di Arab Saudi saat kedua pria itu akan bertemu. Presiden Prancis Emmanuel Macron\] bertemu Pangeran Mohammed pada Desember lalu selama kunjungan ke kerajaan. (AFP/OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat