visitaaponce.com

Rajapaksa Kabur ke Maladewa dengan Pesawat Angkatan Udara

Rajapaksa Kabur ke Maladewa dengan Pesawat Angkatan Udara
Presiden Sri Lanka(AFP)

PRESIDEN Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa berhasil kabur ke Maladewa pada Rabu (13/7). Rajapaksa dan keluarganya menumpangi pesawat milik Angkatan Udara (AU) Sri Lanka setelah gagal naik pesawat komersil ke Dubai pada Selasa (12/7).

"Paspor mereka dicap dan mereka naik pesawat khusus milik AU," kata seorang pejabat imigrasi Sri Lanka.

Rajapaksa, istri dan seorang pengawalnya termasuk di antara empat penumpang di pesawat militer AU Sri Lanka dengan jenis Antonov-32. Pesawat itu lepas landas dari bandara internasional utama menuju Maladewa.

Setibanya di Maladewa, mereka dibawa ke lokasi yang dirahasiakan di bawah pengawalan polisi, kata seorang pejabat bandara di Maladewa.

Baca juga: Gotabaya, Presiden Baru Sri Lanka yang Dijuluki Terminator

Sebelumnya, pemimpin berusia 73 tahun yang pernah dikenal sebagai The Terminator itu terhambat selama lebih dari 24 jam. Penyebabnya pihak imigrasi enggan memberikan cap untuk paspor Gotabaya yang hendak pergi ke Dubai dengan pesawat komersil.

Rajapaksa telah berjanji akan mengundurkan diri pada Rabu (13/7), yang mendorong transisi kekuasaan. Dia melarikan diri dari kediaman resminya di Kolombo tepat sebelum pengepungan oleh puluhan ribu pengunjuk rasa.

Sebagai presiden, Rajapaksa menikmati kekebalan dari penangkapan, dan dia diyakini berupaya pergi ke luar negeri sebelum mengundurkan diri untuk menghindari kemungkinan ditahan. (AFP/OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat