visitaaponce.com

AS Klaim Lumpuhkan Pemimpin IS Suriah

AS Klaim Lumpuhkan Pemimpin IS Suriah
Bekas tembakan drone AS(AFP/BAKR ALKASEM)

KEMENTERIAN Pertahanan Amerika Serikat (AS) mengumumkan telah melumpuhkan pemimpin lokal Islamic State (IS) Suriah, Maher al-Aqal. Target Pentagon itu tewas oleh serangan udara sebuah pesawat nirawak (drone) pada Selasa (12/7).

"Aqal tewas diserang saat sedang mengendarai sepeda motor dekat Jindires di Afrin, Suriah utara. Salah satu ajudannya juga terluka parah," kata Juru Bicara Komando Sentral Pentagon Kolonel Dave Eastbourne.

Ia mengatakan Maher merupakan satu dari empat empat jenderal besar IS Suriah. Maher tewas saat mengendarai sepeda motor yang dihantam tembakan drone AS.

Serangan ini terjadi hampir 15 hari usai terjadinya operasi serupa di pinggiran Idlib. Sejumlah saksi mengaku melihat drone yang menyerang sebuah sepeda motor di Khaltan.

Baca juga:  Pengadilan Indonesia Diminta Hukum Eks Kombatan Islamic State

Tembakan dari drone AS tersebut langsung menewaskan salah satu pengendara motor, sementara satunya lagi terluka parah. Bulan lalu, sejumlah media juga melaporkan penangkapan pemimpin lokal IS lainnya di Turki, Abu Hassan al-Qurashi.

Otoritas Turki tidak secara resmi mengumumkan hal tersebut. Pada 27 Juni, drone milik koalisi internasional pimpinan AS telah menyerang sebuah sepeda motor yang dikendarai pria tak dikenal di ruas jalan antara Idlib dan kota Qaminas.

Tewas di tempat kejadian, pria tersebut diidentifikasi sebagai anggota kelompok bernama Guardians of Religion Organization.(AFP/OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat