visitaaponce.com

David Trimble, Peraih Nobel Perdamaian dari Irlandia Utara, Tutup Usia

David Trimble, Peraih Nobel Perdamaian dari Irlandia Utara, Tutup Usia
Peraih Nobel Perdamaian David Trimble(AFP/JAY DIRECTO)

DAVID Trimble, mantan menteri utama Irlandia Utara yang meraih Nobel Perdamaian karena membantu mendamaikan konflik yang telah berlangsung selama puluhan tahun meninggal dunia di usia 77 tahun, Senin (25/7).

Trimble, arsitek kunci perdamaian damai 1998 di provinsi Britania Raya itu, memenangkan Nobel Perdamaian bersama pemimpin kelompok pro-Irlandia John Hume.

"Dengan penuh duka keluarga mengumumkan Lord Trimble meninggal dunia dalam damai setelah sempat menderita sakit singkat," ujar Partai Persatuan Ulster (UUP) dalam sebuah pernyataan resmi.

Baca juga: Peraih Nobel Perdamaian asal Rusia Lelang Medali untuk Galang Dana Bagi Ukraina

Tidak ada penjelasan mengenai meninggalnya politisi, yang meski pro-Britania Raya, bekerja dengan kelompok nasionalis Irlandia untuk mengakhiri pertumpahan darah yang telah berlangsung selama tiga dekade.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menyebut Trimble sebagai raksasa di politik Inggris dan internasional.

"Dia akan dikenang karena intelektualitasnya, keberaniannya, dan determinasinya untuk membuat politik menjadi lebih baik," cicit Johnson.

Premier Irlandia Micheal Martin menyebut Trimble sebagai seseorang yang memegang peran penting dalam perdamaian di Irlandia Utara. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat