visitaaponce.com

Xi Jinping dan Vladimir Putin akan Bertemu di Uzbekistan

Xi Jinping dan Vladimir Putin akan Bertemu di Uzbekistan
Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) dan Presiden Tiongkok Xi Jinping saat pertemuan di Beijing, Tiongkok, pada 4 Februari 2022.(Alexei Druzhinin / Sputnik / AFP)

PRESIDEN Tiongkok, Xi Jinping dan Presiden Rusia, Vladimir Putin akan bertemu empat mata pekan depan. Pertemuan tersebut akan dilakukan di sela acara puncak KTT Organisasi Kerja sama Shanghai (SCO) di Uzbekistan.

"Dalam waktu kurang dari 10 hari, para pemimpin kami akan bertemu di KTT OSC di Samarkand," ujar Duta Besar Rusia untuk Tiongkok, Andrey Denisov.

Kehadiran Xi dalam acara tersebut menjadi perjalanan pertamanya ke luar negeri sejak awal pandemi covid-19. Tiongkok dan Rusia saling mendukung di tengah gempuran sanksi Barat.

Kedua negara bersama sejumlah negara lain tengah menggelar latihan militer bersama di Laut Jepang.

Dalam rekaman Kementerian Pertahanan Rusia pada 4 September 2022, kapal perang Angkatan Laut Rusia dan Tiongkok menembakkan persenjataan ke sasaran di Laut Jepang.

Kedua negara berlatih navigasi dalam formasi dan menyapu ranjau terapung. Selain Beijing dan Moskow, bergabung dalam latihan militer ini dari Aljazair, India, Belarus, Tajikistan, dan Mongolia. Negara lainnya yakni Laos, Nikaragua, Suriah, Armenia, Kazakhstan, Kyrgyzstan, dan Nikaragua.

Baca juga: Putin Sebut Demokrasi di Inggris Omong Kosong

Sementara itu, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden berencana bertemu Presiden Tiongkok Xi Jinping di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 jika orang nomor satu di 'Negeri Tirai Bambu 'itu memutuskan hadir secara fisik.

"Jika dia ada di sana, maka saya pasti akan menemuinya," kata Biden kepada awak media di Gedung Putih.

Kemungkinan pertemuan Biden-Xi dapat terjadi di tengah ketegangan AS-Tiongkok atas berbagai isu, mulai dari pandemi Covid-19, tarif dagang era Trump, hingga isu Taiwan. (CNA/Cah/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat