visitaaponce.com

Kamala Harris akan Hadiri Pemakaman Shinzo Abe

Kamala Harris akan Hadiri Pemakaman Shinzo Abe
Wakil Presiden Amerika Serikat (AS), Kamala Harris.( Justin Sullivan/Getty Images/AFP)

Wakil Presiden Amerika Serikat (AS), Kamala Harris, akan menghadiri pemakaman mantan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe. Agenda ini dalam rangka menjaga hubungan kedua negara.

"Kunjungannya akan menghormati warisan Perdana Menteri Abe dan menggarisbawahi pentingnya kepemimpinannya dalam memperjuangkan aliansi antara Amerika Serikat dan Jepang dan memajukan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka," kata Juru Bicara Harris, Kirsten Allen.

Ia mengatakan kunjungan Harris ke Tokyo akan dilakukan akhir bulan ini. Setelah dari Jepang Harris akan melanjutkan perjalanan menuju Korea Selatan (Korsel).

Abe ditembak mati dari jarak dekat selama kampanye pada 8 Juli. Sementara itu, kunjungan yang dilakukan pada 25-29 September ini menandai perjalanan kedua Harris ke Asia.

Tahun lalu, tepatnya Agustus 2021, Harris mengunjungi Singapura dan Vietnam untuk meningkatkan hubungan ekonomi dan keamanan dengan keduanya. Kunjungan tersebut terjadi saat pemerintahan Presiden AS, Joe Biden memfokuskan kebijakan luar negeri di Asia untuk menekan pengaruh Tiongkok.

Harris menegur Tiongkok dan berusaha memperkuat citra Negeri Paman Sam sebagai sekutu yang kredibel bagi negara-negara di kawasan Asia. Ia juga mengatakan Washington menyambut baik persaingan dan tidak mencari konflik dengan Beijing.

Namun, ia membahas mengenai isu-isu sengketa maritim di Laut China Selatan, di mana Tiongkok mengklaim sebagian besar wilayah itu milik mereka - sesuai titik tradisionalnya.

Pertemuannya dengan pejabat senior pemerintah di Tokyo dan Korea Selatan bulan ini akan fokus pada kepentingan ekonomi dan keamanan bersama Amerika di kawasan itu.

"Kunjungan ini akan menunjukkan komitmen AS terhadap Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka," pungkas Allen. (AFP/OL-12)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat