visitaaponce.com

Menlu Ada Harapan Putin dan Zelenskyy Hadir di G20

Menlu: Ada Harapan Putin dan Zelenskyy Hadir di G20
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi(Yuki IWAMURA / AFP)

PEMERINTAH Indonesia hingga saat ini masih belum bisa memastikan kehadiran Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy pada puncak G20, 15-16 November mendatang.

Namun, dari komunikasi yang terjalin antara Indonesia dan dua negara yang sedang bertikai itu, harapan yang ada masih cukup tinggi.

"Kita masih terus berkomunikasi dengan mereka. Sejauh ini, respons masih sangat positif. Jadi, insya Allah, kalau pertanyaannya mengenai tingkat kehadiran, kita tidak khawatir," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (11/10).

Di tengah situasi global yang begitu dinamis, Indonesia sebagai Presidensi G20 terus berupaya memosisikan diri sebagai pendorong terciptanya kesepakatan-kesepakatan yang bisa memberi dampak positif bagi dunia.

Baca juga: Turki Gaungkan Gencatan Senjata di Ukraina

"Kita terus lakukan upaya maksimal, bukan saja memastikan kehadiran, tapi juga memastikan G20 bisa menghasilkan hasil konkret. Itu sama pentingnya," jelas Retno.

Ia pun optimistis, ke depan, akan ada banyak kerja sama yang tercipta antarnegara anggota G20 yang bisa membawa perubahan dunia ke arah yang lebih baik.

"Kita optimistis akan menghasilkan proyek-proyek kerja sama yang sifatnya konkret, bermanfaat, tidak hanya bagi negara peserta tetapi juga masyarakat dunia," tandasnya.(OL-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akhmad Mustain

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat