visitaaponce.com

Liz Truss Minta G7 Solid Dukung Ukraina

Liz Truss Minta G7 Solid Dukung Ukraina
PM Inggris Liz Truss(AFP)

PERDANA Menteri Inggris, Liz Truss meminta semua pemimpin Kelompok 7 (G7) agar terus memberikan mendukung kepada Ukraina. G7 menggelar pertemuan darurat pada Selasa (11/10) untuk membahas serangan terbaru Rusia di Ukraina.

"Dukungan internasional yang luar biasa untuk perjuangan Ukraina sangat bertentangan dengan isolasi Rusia di panggung internasional," katanya.

Ia mengatakan keberanian rakyat Ukraina dalam menghadapi aksi kekerasan paling brutal dari Rusia telah membuat dunia kagum. Ukraina menginginkan perdamaian tanpa pendudukan.

"Dan bagi kami, kami tidak boleh goyah sedikitpun dalam tekad kami untuk membantu mereka memenangkannya," sambungnya.

Ini adalah diskusi para pemimpin G7 pertama sejak Kiev melancarkan serangan balasan di Ukraina timur dan selatan dalam beberapa pekan terakhir yang telah merebut kembali sebagian besar wilayah, sebagian berkat pasokan senjata Barat.

Juru bicara pemerintah Jerman Steffen Hebestreit mengatakan, negaranya akan melakukan segala daya untuk memobilisasi bantuan tambahan.

"Khususnya untuk membantu memperbaiki dan memulihkan infrastruktur sipil (Ukraina) yang rusak dan hancur, seperti pasokan listrik dan pemanas," pungkasnya.

Serangan yang terjadi pada Senin (10/10), di Kyiv, Ukraina merupakan serangan yang jarang terjadi. Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky menuding Rusia menargetkan infrastruktur energi negaranya.

Serangan Rusia terjadi menyusul ledakan di Jembatan Kerch yang menghubungkan Moskow dengan Krimea pada Sabtu lalu. Sebanyak tiga orang tewas dalam ledakan tersebut. (OL-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Polycarpus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat