visitaaponce.com

Pagi Buta, Korut dan Korsel Saling Lempar Rudal

Pagi Buta, Korut dan Korsel Saling Lempar Rudal
Ilustrasi(AFP)

DUA negara tetangga di Semenanjung Korea, Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korsel), saling melempar rudal. Pemicunya karena kapal dagang Korut yang melintasi perbatasan laut Korsel.

Menanggapi aksi kapal Korut, Korsel, pada Senin (24/10) pukul 03.15 waktu setempat, melepaskan tembakan peringatan. Tidak terima dengan sikap Korsel, dua jam kemudian Korut meluncurkan 10 rudal ke arah tetangganya itu.

"Peluru ditembakkan setelah militer Korsel melepaskan tembakan peringatan sekitar pukul 03.50 pagi," kata Staf Umum Tentara Rakyat Korut.

Korut memerintahkan untuk menembakkan 10 tembakan dari beberapa peluncur roket untuk mendesak Korsel melepaskan kapal dagangnya.

"Kami sekali lagi dengan tegas memperingatkan musuh yang melakukan provokasi maritim di atas tembakan artileri dan siaran pengeras suara lintas batas," tambah pernyataan itu.

Baca juga: Uji Coba Rudal Korut Resahkan Korsel Bikin Situasi Memanas

Sementara itu Staf Gabungan Korea Selatan menyatakan telah mengirim kembali kapal dagang Korut yang melintasi garis batas utara, batas laut de facto antara kedua Korea. Perbatasan maritim dianggap sebagai titik nyala dan menjadi lokasi beberapa bentrokan antara kedua Korea selama bertahun-tahun.

Ketegangan meningkat dalam beberapa pekan terakhir dengan Korut melakukan beberapa peluncuran rudal dan rentetan artileri yang telah memprovokasi Korsel dan Jepang.

Pyongyang secara dramatis meningkatkan latihan militernya baru-baru ini ketika Korsel dan Amerika Serikat (AS) mengatakan, pemimpin Korut, Kim Jong Un hampir melakukan uji coba nuklir ketujuh negaranya.

Baku tembak peringatan hari ini terjadi pada hari yang sama Wakil Menteri Luar Negeri AS, Wendy Sherman mengunjungi Jepang. Ia mengadakan pembicaraan tiga arah dengan Jepang dan Korea Selatan, dalam sebuah pertunjukan persatuan setelah serangkaian peluncuran Korut. (CNA/OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat