visitaaponce.com

Di Tengah Berbagai Krisis, Zelensky Minta Rusia Terlibat Perdamaian

Di Tengah Berbagai Krisis, Zelensky Minta Rusia Terlibat Perdamaian
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (kanan) dan Presiden Yunani Katerina Sakellaropoulou saat jumpa pers di Kyiv, Ukraina, Kamis (3/11).(Genya SAVILOV / AFP)

PRESIDEN Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa sangat penting untuk mewajibkan Rusia untuk berpartisipasi dalam pembicaraan damai. Ukraina sangat dibutuhkan dunia sebagai kekuatan destabilisasi dalam berbagai masalah, termasuk perubahan iklim.

Dalam video pidatonya pada Senin (8/11), Zelensky mencela pengaruh destabilisasi Rusia saat dunia menghadapi perang, krisis energi dan pangan, dan hancurnya hubungan internasional biasa.

"Isu perubahan iklim, benar-benar menderita tetapi tidak bisa ditunda. Jadi siapa pun yang serius dengan agenda iklim juga harus serius tentang perlunya segera menghentikan agresi Rusia, memulihkan integritas teritorial kami, dan memaksa Rusia ke dalam negosiasi perdamaian sejati," kata Zelensky.

Baca juga: Demi Kemanusiaan, Erdogan Tetap Fasilitasi Ekspor Gandum dari Ukraina

Zelensky juga mengatakan dia tidak mengesampingkan penambahan daftar perusahaan besar swasta yang dapat diambil alih sebagai bagian dari upaya perang Ukraina.

"Saya tidak mengesampingkan keputusan serupa lebih lanjut," kata Zelensky dalam pidato sebelumnya usai Ukraina mengumumkan telah mengambil kendali atas saham di lima perusahaan besar. (AFP/Cah/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat