visitaaponce.com

Aktris Papan Atas Iran Unggah Foto Tanpa Hijab

Aktris Papan Atas Iran Unggah Foto Tanpa Hijab
Aktris Iran Tarneh Alidoosti(Instagram @taraneh_alidoosti)

SALAH satu aktris kenamaan Iran Taraneh Alidoosti, Rabu (9/11), mengunggah foto dirinya di media sosial tanpa mengenakan hijab, yang merupakan kewajiban bagi perempuan di negara itu.

Aksi perlawanan Alidoosti itu terjadi saat Iran dilanda gelombang demonstrasi memprotes kematian Mahsa Amini, Amini tewas pada pertengahan September lalu setelah ditangkap polisi moral Iran karena dianggal melanggar aturan berpakaian di negara itu.

Alidoosti, salah satu aktris papan atas yang memutuskan bertahan di Iran, mendukung aksi demonstrasi di negaranya. Dia mengunggah foto dirinya tanpa hijab di Instagram.

Baca juga : Aktris Iran Taraneh Alidoosti Dibebaskan Setelah Dipenjara Tiga Pekan

Dia memegang kertas bertuliskan slogan perlawanan dalam bahasa Kurdi yang berbunyi, "Jin. Jiyan. Azadi." (Perempuan. Kehidupan. Kebebasan)

Alidoosti merupakan aktris yang kerap membintangi film karya sutradara kenamaan Asghar Farhadi termasuk The Salesman, yang memenangkan penghargaan Piala Oscar sebagai film berbahasa asing terbaik pada 2017.

Beberapa hari lalu, lewat Instagram, aktris itu berjanji akan bertahan di Iran apa pun risikonya. Dia akan berhenti bekerja dan mendukung keluarga demonstran yang terbunuh atau ditangkap pemerintah Iran.

Baca juga : Aktris Kenamaan Iran Ditangkap karena Dukung Aksi Demonstrasi

"Saya akan bertahan dan tidak berniat untuk pergi," tegas Alidoosti membantah kabar dirinya memiliki visa asing.

"Saya akan bertahan. Saya akan berhenti bekerja dan mendampingi keluarga mereka yang ditahan atau dibunuh."

"Saya akan berjuang untuk rumah saya. Saya siap membayar harga apa pun untuk membela hak saya," tegas aktris berusia 38 tahun itu. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat