visitaaponce.com

Usai Diprotes, Tiongkok Longgarkan Pembatasan Covid-19

Usai Diprotes, Tiongkok Longgarkan Pembatasan Covid-19
Orang mulai berkegiatan di Tiongkok setelah adanya pelonggaran(AFP)

TIONGKOK melonggarkan kebijakan pembatasan covid-19 meskipun kasus hariannya hampir mendekati rekor tertinggi. Ketetapan itu diambil imbas dari meledaknya protes di seluru penjuru Tiongkok.

Beberapa kota di Tiongkok mulai mencabut kebijakan penguncian wilayah dan mengizinkan bisnis kembali dibuka. Padahal masih marak laporan tentang kasus positif covid-19 baru.

Meskipun jumlah kasus hampir mencapai rekor, Wakil Perdana Menteri Tiongkok Sun Chunlan, yang mengawasi upaya pengendalian covid, mengatakan, kemampuan virus untuk menyebabkan penyakit melemah.

"Negara ini menghadapi situasi baru dan tugas baru dalam pencegahan dan pengendalian epidemi karena patogenisitas virus omikron melemah. Lebih banyak orang divaksinasi dan pengalaman dalam mengendalikan virus bertambah," kata Sun.

Baca juga: Protes Kebijakan Nol-Covid Tiongkok Tingkatkan Tekanan Ekonomi

Sun juga mendesak optimalisasi lebih lanjut dari kebijakan pengujian, perawatan dan karantina. Penyebutan patogenisitas yang melemah kontras dengan pesan sebelumnya dari pihak berwenang tentang kematian akibat virus.(AFP/OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat