visitaaponce.com

Truk BBM Meledak Menewaskan 10 Orang

Truk BBM Meledak Menewaskan 10 Orang
Kondisi pascaledakan truk bbm(AFP)

SEBANYAK 10 orang tewas dan 40 lainnya luka-luka di Afrika Selatan setelah sebuah truk tangki bahan bakar minyak (BBM) meledak dan menyambar kapal tanker yang mengangkut bahan bakar gas cair (LPG). Ledakan itu terjadi pada Sabtu (24/12) pagi, di kota Boksburg setelah kapal tanker yang mengangkut bahan bakar gas cair (LPG) tersangkut di bawah jembatan tempat truk itu meledak.

"Kami menerima telepon menjelang pukul 07:50 waktu setempat yang memberi tahu kami bahwa sebuah kapal tanker gas terjebak di bawah jembatan," kata Juru Bicara Layanan Darurat Boksburg William Ntladi.

Ia mengatakan petugas pemadam kebakaran telah memadamkan api dari truk tersebut. Sayangnya, kapal tanker itu meledak karena tersambar api dari truk.

"Salah satu yang terluka adalah pengemudi, yang telah dibawa ke rumah sakit," tambahnya.

Dia mengatakan jumlah korban tewas meningkat menjadi 10 dari 9 yang dilaporkan sebelumnya. Video yang dibagikan oleh warga di media sosial menunjukkan ledakan yang memuntahkan kobaran api.

Beberapa rumah dan kendaraan rusak akibat ledakan itu. Kapal tanker itu semula akan mengirimkan LPG ke Rumah Sakit Memorial OR Tambo. Pasien di beberapa unit di rumah sakit harus dievakuasi karena ledakan dan kebakaran tersebut.

“Berjalan di sini hanyalah pemandangan kehancuran total. Saya belum pernah melihat yang seperti ini sebelumnya,” kata seorang warga Simon Lapping kepada surat kabar Citizen.

Baca juga: Yordania Tahan 44 Demonstran Tolak Kenaikan BBM

Dia melihat mayat enam orang dewasa dan dua anak. Dari 40 luka-luka, 19 dalam kondisi kritis, sementara 15 lainnya luka berat namun dalam kondisi stabil.

Enam petugas pemadam kebakaran juga mengalami luka ringan. Tidak ada informasi segera tentang mereka yang tewas dalam ledakan itu. Truk itu membawa 60 ribu liter elpiji yang digunakan terutama untuk memasak dan kompor gas.

Wali Kota Ekurhuleni Tania Campbell mengatakan insiden itu akan diselidiki. Tim penanggulangan bencana telah berada di lokasi membantu para korban tragedi ini sekaligus menilai penyebab kecelakaan itu.

"Atas nama kota, kantor walikota eksekutif berkomitmen untuk membantu semua pemain peran dalam memastikan bahwa penyelidikan komprehensif dilakukan dan mereka yang bertanggung jawab dibawa ke pengadilan," pungkasnya.(Aljazeera/OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat