visitaaponce.com

Presiden Meksiko Minta Warganya Tolak Hadiah dari Kartel Narkoba

Presiden Meksiko Minta Warganya Tolak Hadiah dari Kartel Narkoba
Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador saat menyampaikan konferensi pers.(AFP)

PRESIDEN Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador memerintahkan warganya untuk menolak hadiah dari Natal dari kartel narkoba. Peringatan tersebut disampaikan setelah kemunculan tersangka anggota kartel yang tertangkap kamera saat membagikan mainan di sebuah kota.

"Jangan biarkan dirimu dimanipulasi, bahkan jika mereka memberimu makanan. Ini bukan itikad baik, tetapi mereka menggunakan rakyat sebagai tameng," tegas Lopez Obrador.

Lebih lanjut, dia menekankan bahwa tujuan anggota kartel adalah mendorong warga untuk mewaspadai potensi bahaya. Misalnya, saat ada operasi penyitaan oleh petugas kepolisian, masyarakat akan keluar dari rumah dan melindungi para pengedar narkoba.

Baca juga: 11 Orang Tewas dalam Aksi Penyerangan di Hotel dan Bar di Meksiko

Menurut media lokal, pemberi hadiah diyakini sebagai anggota Jalisco New Generation, salah satu kartel terkuat dan terkejam di Meksiko. Selama pandemi covid-19, pembagian makanan oleh kartel juga dilaporkan di beberapa komunitas wilayah Meksiko bagian barat.

Adapun kotak hadiah bergambar gembong narkoba terkenal, Joaquin El Chapo Guzman, juga sempat terlihat di negara bagian Sinaloa.(MalayMail/OL-11)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat