visitaaponce.com

Thailand Bebaskan Tes Covid-19 untuk Pelancong dari Tiongkok

Thailand Bebaskan Tes Covid-19 untuk Pelancong dari Tiongkok
Potret turis berdiri di bawah jembatan dengan tulisan 'Bangkok', Thailand.(AFP)

OTORITAS Thailand menyatakan bahwa pelancong dari Tiongkok dapat memasuki negara tersebut tanpa tes covid-19 sebelum keberangkatan. Di lain sisi, Thailand berharap kedatangan turis Tiongkok membantu pemulihan sektor pariwisata.

Tiongkok mengalami gelombang covid-19, dengan rumah sakit dan krematorium mengalami over kapasitas. Tepatnya, setelah otoritas Tiongkok melonggarkan kebijakan pembatasan covid-19.

Amerika Serikat, Kanada, Jepang dan Prancis, termasuk di antara negara yang telah memberlakukan aturan baru bagi pelancong dari Tiongkok. Dalam hal ini, mereka yang datang dari Tiongkok harus membawa tes covid-19, sebagai langkah penyebaran virus di negara tujuan.

Baca juga: WHO Pertanyakan Akurasi Data Covid-19 Tiongkok

"Thailand tidak mewajibkan hasil tes covid-19 dari wisatawan negara mana pun, termasuk Tiongkok," ungkap Menteri Kesehatan Masyarakat Thailand Anutin Charnvirakul kepada wartawan.

Adapun Tiongkok merupakan sumber turis asing terbesar untuk Thailand sebelum pandemi covid-19. Berdasarkan data pemerintah per 2019, jumlah turis Tiongkok di Thailand mencapai 11 juta orang.

Baca juga: Warga Tiongkok Beralih Beli Obat-obatan Pasar Gelap saat Covid Melonjak

Sektor pariwisata menyumbang hampir 20% terhadap pendapatan negara sebelum pandemi. Namun, kebijakan pembatasan ketat akibat covid-19, berdampak negatif pada seluruh sektor pariwisata, termasuk restoran dan hotel.

“Ini kesempatan untuk memulihkan situasi ekonomi kita. Untuk pulih dari kerugian yang kita derita selama hampir tiga tahun,” pungkas Anutin.

Pada Desember 2022, Thailand mencatat kedatangan 10 juta pengunjung internasional. Terjadi kenaikan kunjungan sekitar 430 ribu orang dari 2021, namun lebih rendah dari periode 2019, yakni mencapai 40 juta kunjungan.(AFP/OL-11)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat