visitaaponce.com

Volume Permohonan Visa Warga Indonesia di 2023 Lampaui Rata-rata Sebelum Pandemi

Volume Permohonan Visa Warga Indonesia di 2023 Lampaui Rata-rata Sebelum Pandemi
Layanan Mobile Visa Application Center (MVAC) VFS Global.(Dok. VFS Global )

Pada tahun 2023, volume permohonan visa Indonesia telah melampaui level sebelum pandemi seiring dengan kepercayaan masyarakat untuk melakukan perjalanan keluar negeri serta sudah adanya kelonggaran pembatasan kontak fisik. Volume permohonan visa di semua kategori dari Indonesia pada 2023, menurut VFS Global telah melampaui angka sebesar 9% sebelum pandemi pada 2019 dan meningkat sebanyak 137% dari tahun 2022.

"Peningkatan jumlah permohonan visa dari Indonesia pada tahun lalu menunjukan bahwa kepercayaan wisatawan telah pulih dan masyarakat siap kembali untuk melakukan perjalanan luar negeri. Kami yakin, momentum positif perjalanan ini akan terus berlanjut di tahun 2024. Kami ingin menganjurkan bagi mereka yang berencana melakukan perjalanan keluar negeri agar mengajukan permohonan visa dari jauh hari untuk menghindari jadwal temu yang padat." Ucap Kaushik Ghosh, Head of Australasia, VFS Global (6/3).

VFS Global pada 2023 juga telah melakukan perubahan dengan mendorong produk-produk baru, seperti:

Baca juga : Permohonan Visa ke Luar Negeri Meningkat 137%

1. Visa At Your Doorstep, yakni pengajuan permohonan visa dan mendaftarkan biometrik dari lokasi pilihan.

2. Form Filling Assistance, yakni dibantu oleh staff VFS dalam menyelesaikan permohonan visa melalui telepon atau pusat permohonan visa.

3. Premium lounge, yakni mendapatkan pengalaman pengajuan visa yang dipersonalisasi secara menyeluruh.

Baca juga : Survei: 56% Orang Indonesia Kini Berencana Bepergian ke Luar Negeri 

4. Prime Time Service, yakni layanan pengajuan permohonan visa yang dilakukan di luar jam kerja normal atau di akhir pekan.

Kaushik Ghosh mengungkapkan bahwa pelayanan ini ikut meningkatkan pengalaman permohonan visa secara keseluruhan bagi pemohon dengan menghindari keharusan mereka untuk mengantri. VFS Global juga memperkirakan akan meningkatnya permintaan pelayanan premium yang memprioritaskan keamanan dalam perjalanan tahun ini.

Dalam catatanya VFS Global mengalami peningkatan yang signifikan pada pelayanan Visa At Your Doorstep. Pelayanan ini merupakan pengajuan visa yang dapat dilakukan dari lokasi pilihan bagi pemohon. Pemohon dapat mengajukan permohonan visa, melakukan proses pengambilan biometrik, dan dapat menerima kembali paspor mereka melalui jasa kurir di tempat pilihan pemohon.

Baca juga : 8 Mei, Jepang Ubah Status Pandemi Menjadi Endemi

Pelayanan VAYD terbagi untuk 8 negara, diantaranya Kroasia, Republik Ceko, Denmark, Finlandia, Hongaria, Jepang, dan Inggris.

Selain itu, VFS Global juga menawarkan fasilitas Mobile Visa Application Center (MVAC) di Indonesia yang bersifat fleksibel. Fasilitas ini dapat memberikan kenyamanan dan keamanan yang lebih tinggi untuk pelanggan. Jam operasionalnya sendiri dimulai dari jam 08.00 pagi sampai jam 16.00 sore.

Untuk Indonesia sendiri memiliki 45 pusat aplikasi yang tersebar di 8 kota Indonesia, yaitu Medan, Pekanbaru, Jakarta, Pontianak, Surabaya, Denpasar, Mataram, Makassar.

VFS Global telah melayani 24 pemerintah berdaulat di Indonesia, yaitu Austria, Bulgaria, Kanada, Kroasia, Republik Ceko, Denmark, Finlandia, Jerman, Yunani, Hungaria, Jepang, Kerajaan Arab Saudi, Latvia, Malaysia, Selandia Baru, Norwegia, Portugal, Singapura, Swedia, Swiss, Belanda, UEA (DVPC), Ukraina, dan Inggris.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat