visitaaponce.com

UNESCO Tetapkan Odessa Sebagai Warisan Budaya Dunia

UNESCO Tetapkan Odessa Sebagai Warisan Budaya Dunia
Pemandangan Kota Odessa di Ukraina, yang baru saja ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia.(AFP/Oleksandr GIMANOV)

UNESCO, Rabu (25/1), menetapkan kota pelabuhan Ukraina, Odessa, yang kerap disebut sebagai 'Mutiara Laut Hitam' sebagai Warisan Budaya Dunia meski ditentang keras oleh Rusia.

Ke-21 anggota komite warisan budaya dunia di badan PBB itu sepakat menetapkan area di kota tesebut sebagai warisan budaya dunia dengan enam suara sepakat, satu menolak, dan 14 abstain.

Rusia, yang menginvasi Ukraina, Februari tahun lalu, berulang kali berupaya menunda penetapan Odessa sebagai warisan budaya dunia.

Baca juga: Dua Relawan Inggris Dipastikan Tewas di Ukraina Timur

Pasalnya, jika telah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia maka wilayah itu dinilai memiliki nilai universal yang luar biasa dan seluruh warga dunia bertugas untuk melindunginya.

"Saat perang masih berlangsung, penetapan ini membuktikan determinasi kolektif kami untuk memastikan kota ini terlindungi dari kehancuran," tegas Direktur Jenderal UNESCO Audrey Azoulay.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, yang meminta penetapan itu sejak Oktober lalu demi melindungi Odessa dari serangan bom Rusia menyambut keputusan UNESCO itu.

"Hari ini, Odessa mendapatkan perlindungan dari UNESCO," cicit Zelesnky di Twitter.

"Saya sangat berterima kasih kepada rekan-rekan kami yang membantu melindungi mutiara kami dari serangan Rusnia," lanjutnya.

Sejak invasi Rusia ke Ukraina, warga Ukraina telah berusaha melindungi berbagai monumen dan bangunan yang ada di Odessa dengan menggunakan barikade dan kantung pasir.

Odessa juga dimasukkan dalam daftar Warisan Budaya Dunia yang terancam. Hal itu, kata UNESCO, akan membantu Odessa mendapatkan bantuan teknis dan finansial dari dunia internasional untuk melindungi atau jika perlu merehabilitasinya. (AFP/OL-1)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat