visitaaponce.com

Hatay Paling Terdampak Gempa di Turki

Hatay Paling Terdampak Gempa di Turki
Warga berdiri di dekat kantong mayat sambil menunggu kabar dari kerabat mereka, di dekat puing-puing bangunan yang runtuh di Hatay, Senin (1(dok.AFP)

TIM Bantuan Kemanusiaan RI akan berfokus di Provinsi Hatay, khususnya wilayah Latakya. Wilayah ini yang paling terkena dampak gempa Turki pekan lalu.

"Paling besar kerusakan adalah di Provinsi Hatay. Itu sebabnya saya mengusulkan kepada AFAD (Otoritas Manajemen Bencana dan Kedaruratan Turki) agar tim Indonesia, baik SAR maupun medis di assign di Hatay, khususnya Latakya," kata Duta Besar RI untuk Turki Lalu Muhammad Iqbal, Selasa (14/2).

Iqbal mengatakan, masyarakat dan pemerintah wilayah Hatay sudah terbuka untuk menerima kedatangan tim Indonesia. Dubes Iqbal sendiri akan mendampingi para tim bantuan Indonesia menuju ke wilayah tersebut.

"Alhamdulillah masyarakat welcome. Pemerintah daerah welcome. (Mereka) senang Indonesia bisa kontribusi menghadapi kondisi tersulit bagi saudara Turki kita," sambungnya.

Sebanyak dua pesawat berisi bantuan kemanusiaan Indonesia untuk korban terdampa gempa bumi di Turki telah tiba di Adana pada hari Minggu kemarin. Keduanya menyalurkan bantuan Indonesia tahap pertama yang mengangkut tim MUSAR (Medium Urban Search and Rescue) sebanyak 65 personel beserta perlengkapan SAR dan logistik berupa bahan makanan, selimut, dan lain-lain.

Bantuan tahap kedua berupa satu pesawat yang membawa 120 personel Emergency Medical Team (EMT) telah berangkat Senin kemarin.

"Tahap ketiga direncanakan berangkat tanggal 18 Februari 2023, dan akan berangkat empat pesawat yang membawa 80 ton bantuan kemanusiaan tidak hanya ke Turki, tetapi juga ke Suriah," ucap Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangan pers kepada awak media.

Bantuan kemanusiaan tahap ketiga ini terdiri dari makanan siap saji, matras, selimut, tenda, baju hangat, hygiene kit, sleeping bag, tenda keluarga, sweater anak-anak, dan lain-lain yang diperlukan korban gempa.

Jumlah dan jenis bantuan yang akan diberangkatkan dari Indonesia ke Turki dan Suriah masih dapat berubah sesuai perkembangan kebutuhan di lapangan. (OL-13)

Baca Juga: Menlu: 500 WNI Terdampak Gempa di Turki

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat