visitaaponce.com

Pemerintah Fasilitasi WNI yang Ingin Pulang dari Turki

Pemerintah Fasilitasi WNI yang Ingin Pulang dari Turki
Menlu Retno Marsudi(ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

SEBANYAK 85 Warga Negara Indonesia (WNI) korban gempa Turki menginginkan kembali ke Tanah Air. Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan seluruhnya akan dipulangkan bersama dengan dua jenazah WNI korban gempa yang akan dikebumikan di Indonesia.

"Terdapat empat WNI meninggal dunia akibat gempa, dua sudah dikebumikan di Turki, dan dua lainnya akan dikebumikan di Indonesia sesuai permintaan keluarga," ucap Retno di Halim Perdanakusumah, saat melepas bantuan kemanusiaan tahap lanjutan dari Indonesia, Selasa (21/2).

Dia mengatakan, pesawat Garuda Indonesia yang membawa bantuan ke Turki ini sekaligus menjemput WNI yang menginginkan kembali ke Indonesia. "Saat kembali akan membawa dua jenazah tersebut, plus 85 WNI terkena dampak yang ingin kembali ke Indonesia," sambung dia.

Baca juga: Dua jenazah WNI Korban Gempa Turki Segera Dipulangkan

Tercatat ada 500 WNI yang berada di sekitar lokasi gempa bumi di Turki. Sebanyak 128 sudah berhasil dievakuasi tim KBRI Ankara. KBRI Ankara menyatakan sebanyak 10 WNI mengalami luka berat dan sudah mendapat perawatan medis.

Sementara Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha menuturkan, para WNI yang meminta pulang merupakan korban terdampak gempa 6 Februari lalu.

"Mereka WNI terdampak gempa yang ada di shelter KBRI. Mayoritas dari mereka pelajar," pungkasnya. (OL-17)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat