visitaaponce.com

Begini Nasib 103 Anak Imigran yang Ditemukan dalam Truk di Meksiko

Begini Nasib 103 Anak Imigran yang Ditemukan dalam Truk di Meksiko
Truk dari Meksiko dihadang ketika akan menuju AS(AFP/ Beck)

Pihak berwenang Meksiko telah menemukan 343 imigran dan pengungsi, termasuk 103 anak di bawah umur tanpa pendamping di dalam sebuah kontainer truk pengangkut barang yang ditinggalkan di pinggir jalan raya.

Institut Imigrasi Nasional (INM) Meksiko dalam keterangan resminya mengatakan truk tersebut ditemukan di negara bagian pantai Teluk Veracruz yang panas. Trailer tersebut berada di rute yang sering digunakan oleh penyelundup untuk membawa orang-orang dari tenggara Meksiko ke perbatasan Amerika Serikat.

"Mereka dalam keadaan sehat dan tidak jelas mengapa pengemudi melarikan diri," kata pihak berwenang, dilansir dari Aljazeera, Selasa, (7/3).

Sebagian besar anak-anak itu berasal dari Guatemala. Para migran yang berhasil mencapai AS sering kali membayar penyelundup untuk membawa anak-anak mereka.

Baca juga: Sebanyak 103 Anak Ditemukan di Dalam Peti Kemas di Meksiko

Lembaga tersebut mengatakan bahwa orang dewasa kebanyakan berasal dari Guatemala, Honduras, El Salvador dan Ekuador.

"Anak-anak akan dimasukkan ke dalam tahanan sistem layanan keluarga Veracruz, sementara yang lainnya akan diproses untuk menentukan status hukum mereka di Meksiko," kata INM.

Di masa lalu, banyak orang ditemukan tewas di dalam kontainer kargo yang ditinggalkan.

Kondisi di dalam kontainer menggambarkan semakin canggihnya para penyelundup. Trailer tersebut memiliki kipas angin dan lubang ventilasi di atapnya. Imigran gelap di dalamnya mengenakan gelang dengan kode warna, yang tampaknya untuk mengidentifikasi mereka sebagai klien penyelundup dari Meksiko menuju Amerika Serikat.

(Z-9)


 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat