visitaaponce.com

10 Migran Tewas dalam Kecelakaan Truk di Meksiko

10 Migran Tewas dalam Kecelakaan Truk di Meksiko
Setidaknya 10 migran asal Kuba tewas dan 25 lainnya terluka saat truk kargo yang membawa mereka ke Amerika Serikat terbalik di Meksiko.(AFP)

SETIDAKNYA 10 migran asal Kuba tewas dan 25 lainnya terluka ketika truk kargo yang membawa mereka terbalik di selatan Meksiko, Minggu. Ini merupakan kecelakaan fatal terbaru yang melibatkan migran yang menuju ke Amerika Serikat, demikian dilaporkan pejabat setempat.

Kecelakaan ini terjadi di negara bagian Chiapas bagian selatan, dekat perbatasan dengan Guatemala. Seorang sumber dari kantor jaksa yang berbicara dengan alasan anonimitas kepada AFP mengatakan para korban kemungkinan berasal dari Kuba dan semuanya adalah perempuan, termasuk satu anak di bawah umur.

Kecelakaan ini terjadi di jalan raya di sepanjang pantai Pasifik antara kota Pijijiapan dan Tonala, tempat migran sering bepergian saat mereka mencoba mencapai Amerika Serikat, sebagai bagian dari aliran yang semakin mendapat perhatian darurat di Washington.

Baca juga : Amerika Serikat dan Meksiko Tingkatkan Kerjasama Hadapi Aliran Narkoba dan Migran

Truk tersebut, dengan badan bagian dari kayu, hancur, dengan pakaian, tas, dan ransel migran berserakan di sekitarnya. 

Pada Kamis, dua migran tewas ketika truk terbalik di munisipalitas Chiapas, Mezcalapa. Ribuan migran dari berbagai negara telah melakukan perjalanan di seluruh Meksiko dengan bus yang sesak, trailer, kereta barang, atau berjalan kaki dalam upaya untuk mencapai Amerika Serikat.

Pada awal Agustus, setidaknya 18 orang tewas dan 23 lainnya terluka setelah sebuah bus dengan penumpang lokal dan migran dari negara-negara seperti India, Republik Dominika, dan beberapa negara Afrika terjun ke jurang di negara bagian Nayarit.

Baca juga : 43 Jenazah Migran Ditemukan di Perbatasan Arizona, AS

Pada akhir pekan ini, di negara bagian utara Chihuahua dan Zacatecas, hampir 3.000 migran terdampar di daerah terpencil ketika kereta barang tempat mereka melakukan perjalanan berhenti tanpa alasan yang jelas.

Otoritas Meksiko mengatakan mereka telah menahan lebih dari 189.000 migran bulan lalu. Sementara patroli perbatasan AS melaporkan telah mengamankan 1,8 juta orang antara Oktober 2022 dan Agustus 2023.

Dengan arus masuk migran yang "menghantam" Meksiko, Presiden Andres Manuel Lopez Obrador telah meminta bantuan kepada rekan sejawat AS-nya.

Baca juga : Meksiko dan AS Sepakat Tetap Membuka Pintu Perlintasan Batas Atasi Lonjakan Migrasi

Pada hari Jumat, Washington dan Kota Meksiko berjanji untuk meningkatkan upaya mereka dalam memperkuat kerjasama ekonomi dan keamanan dalam masalah migrasi, serta peredaran narkoba dan senjata.

Anggota Partai Republik di Washington semakin marah dengan kedatangan migran dan telah menyerukan kepada administrasi Presiden Joe Biden untuk melakukan lebih banyak untuk mengatasi masalah ini.

Setelah melewati langkah terakhir pada hari Sabtu untuk menghindari penutupan pemerintah AS, para pemimpin Republik menyatakan kesiapan untuk menghalangi pendanaan tambahan untuk upaya perang Ukraina kecuali lebih banyak dana dialokasikan untuk perbatasan.

"Saya akan memastikan bahwa senjata disediakan untuk Ukraina," kata Ketua DPR Kevin McCarthy kepada "Face the Nation" CBS pada hari Minggu, "tapi mereka tidak akan mendapatkan paket besar jika perbatasan tidak aman."

Dia tidak menjelaskan apa yang diperlukan agar dia mempertimbangkan perbatasan sebagai "aman." (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat