visitaaponce.com

Badai Terbaru di California Renggut Dua Korban Jiwa

Badai Terbaru di California Renggut Dua Korban Jiwa
Badai di California(AFP/STR)

Badai kuat kembali menghantam California, Amerika Serikat, dan memaksa ribuan orang mengungsi hingga mengakibatkan setidaknya dua orang tewas. Badai itu juga menyebabkan jebolnya tanggul di pesisir Monterey County.

"Kami berharap dapat menghindari dan mencegah situasi ini, namun skenario terburuk telah tiba dengan meluapnya Sungai Pajaro dan jebolnya tanggul sekitar tengah malam," kata Luis Alejo, seorang pengawas Monterey County, pada hari Sabtu melalui akun Twitternya, Minggu, (12/3).

Direktur layanan darurat negara bagian, Nancy Ward, mengumumkan badai tersebut telah merenggut setidaknya dua nyawa. Gambar-gambar yang diunggah di Twitter oleh akun Garda Nasional negara bagian tersebut menunjukkan para petugas keamanan menyelamatkan warga yang terjebak di dalam mobil mereka karena air yang tinggi.

Baca juga: California Kembali Digegerkan Penembakan Massal

Serangkaian badai yang luar biasa kuat dan tampaknya tidak ada habisnya telah menghantam California selama berminggu-minggu. Badai terakhir diperkirakan akan mencurahkan hujan setinggi sembilan inci (23 sentimeter) di atas tanah yang sudah jenuh.

Bagian dari sungai atmosfer yang kuat yang dikenal sebagai "Pineapple express" karena kelembapan subtropis yang hangat dibawanya dari Hawaii. Badai terbaru ini akan mempercepat pencairan tumpukan salju yang sangat banyak yang telah terbentuk di dataran yang lebih tinggi.

Baca juga: Warga California Bangkit setelah Badai Berminggu-minggu

Limpasan air yang dihasilkan mengancam akan memperparah banjir yang sudah parah. Presiden AS Joe Biden menyetujui sebuah deklarasi darurat yang membuka jalan untuk mempercepat bantuan federal ke negara bagian barat.

Gubernur Gavin Newsom mengatakan California mengerahkan semua kemampuan yang dimiliki untuk melindungi masyarakat dari badai. Sebelumnya di bulan Januari, badai juga terjadi di California dan merenggut 20 nyawa.

(Z-9)


 


 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat