visitaaponce.com

AS akan Berikan Bantuan Kemanusiaan US331 Juta untuk Ethiopia.

AS akan Berikan Bantuan Kemanusiaan US$331 Juta untuk Ethiopia.
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken(AFP/Tiksa Negeri)

Amerika Serikat (AS) akan memberikan bantuan kemanusiaan senilai US$331 juta untuk Ethiopia.

Pemberian bantuan itu disampaikan langsung oleh Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken saat berkunjung ke ibu kota Ethiopia, Addis Ababa, untuk meningkatkan hubungan kedua negara.

"Pendanaan ini akan memberikan dukungan penyelamatan jiwa bagi mereka yang mengungsi dan terkena dampak konflik, kekeringan, dan kerawanan pangan di Ethiopia," ujar Blinken melalui keterangan resmi.

Baca juga: AS Tambah Kekuatan Ukraina Senilai Rp30 Triliun

Dana tersebut akan digunakan untuk penyediaan makanan, tempat tinggal, air minum, sanitasi dan kebersihan, pelayanan kesehatan, pendidikan, dan layanan utama lainnya untuk warga setempat.

Sepanjang 2023, Negeri Paman Sam sudah menyerahkan bantuan sebesar US$780 juta kepada negara di Afrika Timur itu.

Baca juga: Serangan Israel di Tepi Barat Berlanjut, Enam Warga Palestina Tewas Dihantam Roket

Sehari sebelum mengumumkan penyerahan bantuan, Blinken sudah bertemu dengan Perdana Menteri Ethiopia Abiy Ahmed dan Menteri Luar Negeri Demeke Mekonnen.

Ia ingin pemerintah Ethiopia mengakhiri pertempuran mematikan melawan kelompok pemberontak di wilayah Tigray utara. AS mengkritik pemerintahan Abiy atas dugaan kekejaman yang dilakukan oleh pasukan Ethiopia dan sekutunya selama konflik, sehingga menewaskan puluhan ribu orang dan membuat jutaan orang mengungsi.

Washington juga memberi hukuman berupa pembatasan kerja sama ekonomi dan keamanan ke Addis Ababa. AS mengeluarkan negara itu dari program perdagangan bebas bea yang ditujukan untuk negara-negara Afrika sub-Sahara. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat