visitaaponce.com

AS Siap Tingkatkan Investasi di Afrika Demi Bendung Pengaruh Tiongkok

AS Siap Tingkatkan Investasi di Afrika Demi Bendung Pengaruh Tiongkok
Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris melakukan konferensi pers di Ghana.(AFP/Nipah Dennis)

Amerika Serikat (AS) menyatakan siap meningkatkan investasi di Afrika demi membantu memacu pertumbuhan ekonomi di kawasan tersebut. Komitmen itu disampaikan Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris saat mengawali kunjungan ke Benua Hita, Minggu (26/3) waktu setempat.

 

"Pada kunjungan ini, saya bermaksud untuk fokus dalam peningkatan investasi di benua ini dan memfasilitasi peluang dan pertumbuhan ekonomi," kata Harris setelah mendarat di Ghana sebagai tujuan pertama dari rangkaian kunjungan yang juga meliputi Tanzania dan Zambia.

Pada Desember lalu, menjelang pertemuan tingkat tinggi AS-Afrika, Negeri Paman Sam telah menyatakan komitmen bantuan sebesar US$55 miliar untuk Afrika dalam kurun tiga tahun mendatang. Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken juga sudah mengumumkan bantuan kemanusiaan yang baru sebesar US$150 juta untuk wilayah Sahel.

Baca juga: AS: Tiongkok dan Rusia Memperdagangkan Informasi di Dunia Maya

Upaya mempererat ikatan dengan Afrika dimaksudkan untuk membendung pengaruh Tiongkok yang sudah cukup besar di benua tersebut.

Sebagaimana diketahui, Negeri Tirai Bambu melakukan investasi besar-besaran di Afrika dalam beberapa dekade terakhir, termasuk di bidang infrastruktur dan pembangunan sumber daya. Tidak hanya Tiogkok, Rusia juga mecoba menumbuhkan pengaruh di benua itu. Salah satunya melalui penempatan tentara bayaran Wagner Group untuk membantu pemerintah di beberapa negara. (Ant/Z-11)

Baca juga: Giliran Prancis Larang TikTok, Ikuti Langkah AS, Kanada, dan Inggris

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat