visitaaponce.com

Kim Jong Un Minta Ilmuwannya Membuat Senjata Nuklir Terkuat

Kim Jong Un Minta Ilmuwannya Membuat Senjata Nuklir Terkuat
Presiden Kim Jong Un (Kiri) memeriksa proyek senjata nuklir buatan Korea Utara, Senin (27/3).(AFP)

PEMIMPIN Korea Utara Kim Jong Un meminta para ilmuwan negaranya untuk meningkatkan produksi senjata nuklir dan membangun senjata yang lebih kuat.

Seruan terbaru Kim, merupakan pengulangan dari janji sebelumnya untuk meningkatkan produksi senjata nuklir secara eksponensial, muncul menjelang jadwal kedatangan kapal induk Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) di Korea Selatan pada hari Selasa (28/3).

Kantor berita resmi Korea Utara, Korean Central News Agency (KCNA), melaporkan Pemimpin Kim, dalam sebuah pengarahan dengan para pejabat dari lembaga senjata nuklirnya, mengatakan bahwa Korea Utara harus bersiap-siap untuk menggunakan senjata nuklirnya kapan saja dan di mana saja. "Kita tidak boleh puas dengan pekerjaan untuk mengkonsolidasikan postur respons menyeluruh dari kekuatan nuklir kita dan harus terus berusaha untuk memperkuat kekuatan nuklir dengan mantap," kata Kim seperti dikutip oleh KCNA, dari Kantor Berita Yonhap Korea Selatan.

Baca juga : Korea Utara Klaim Uji Coba Drone Nuklir Bawah Air

Kim meminta para pejabatnya untuk mengembangkan produksi bahan nuklir kelas senjata secara menyeluruh untuk mengimplementasikan rencananya dan meningkatkan persenjataan nuklir secara eksponensial. “Memacu untuk terus memproduksi senjata nuklir yang kuat,” ujar Kim kepada para pejabatnya.

Korea Utara tahun lalu menyatakan dirinya sebagai negara yang memiliki kekuatan nuklir yang tidak dapat diubah dan Kim baru-baru ini menyerukan peningkatan produksi senjata secara eksponensial, termasuk senjata nuklir taktis.

Baca juga : Kiriman Senjata Nuklir Inggris di Ukraina Buat Rusia Murka

Menurut laporan KCNA Kim juga diberi pengarahan tentang sistem manajemen senjata nuklir terintegrasi berbasis IT yang disebut Haekbangashoe, yang berarti pemicu nuklir. Disebutkan keakuratan, keandalan, dan keamanan sistem ini telah diverifikasi selama latihan baru-baru ini yang mensimulasikan serangan balik nuklir.

Kantor berita Korea Selatan, Yonhap, melaporkan bahwa media Korea Utara juga merilis foto-foto untuk pertama kalinya saat Kim menginspeksi hulu ledak nuklir taktis yang dikenal sebagai Hwasan-31. (Aljazeera/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat