visitaaponce.com

Korea Utara Klaim Uji Coba Drone Nuklir Bawah Air

Korea Utara Klaim Uji Coba Drone Nuklir Bawah Air
Ilustrasi(Antara/Teguh Prihatna)

Korea Utara (Korut) mengklaim telah melakukan uji coba drone bawah air berkekuatan nuklir. Drone itu disebut mampu menimbulkan ledakan yang akan diikuti tsunami radioaktif

“Wahana nirawak baru itu melesat di kedalaman 80-150 meter di bawah air selama lebih dari 59 jam. Itu kemudian diledakkan di perairan lepas pantai timur Korut pada Kamis,” bunyi laporan kantor berita setempat, Korea Central News Agency (KCNA), Jumat (24/3).

Drone bernama Haeil, yang memiliki arti tsunami itu, didesain untuk melakukan serangan diam-diam di perairan musuh serta menghancurkan armada serang angkatan laut dan pelabuhan-pelabuhan utama dengan membuat gelombang besar radioaktif.

Baca juga: Korsel: Korut Tembakkan Empat Rudal Jelajah

“Drone nuklir bawah air ini dapat dikerahkan di pantai dan pelabuhan mana pun atau ditarik oleh kapal permukaan untuk dioperasikan," sambung KCNA.

Kendati demikian, sejumlah ahli beranggapan klaim-klaim besar yang disampaikan Korut harus disikapi secara skeptis karena belum terbukti kebenarannya. Hingga saat ini, belum diketahui apakah pemerintahan Kim Jong-Un telah berhasil membuat hulu ledak nuklir yang bisa dipasang pada senjata atau perangkat dengan ukuran kecil.

Baca juga: Kim Nyatakan Siap Hadapi Serangan AS dan Korsel

“Namun ini jelas menjadi tujuan mereka. Klaim itu juga dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa rezim Kim memiliki begitu banyak cara menyerang dengan nuklir untuk menakuti lawannya," ujar Leif-Eric Easley, seorang professor dari Universitas Ewha di Seoul, Korea Selatan. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat