visitaaponce.com

AS, Jepang dan Korsel Kompak Ancam Korut

AS, Jepang dan Korsel Kompak Ancam Korut
Potret militer Korea Utara tengah melakukan uji coba peluncuran misil.(AFP)

AMERIKA Serikat (AS), Jepang dan Korea Selatan (Korsel) mengancam Korea Utara (Korut), jika berani mengulang uji coba nuklir. Ketiga negara sekutu tersebut siap memberikan respons serius yang belum pernah terjadi sebelumnya.

"Kami sepakat untuk lebih memperkuat kerja sama, sehingga Korut dapat segera menghentikan kegiatan ilegalnya dan kembali ke pembicaraan denuklirisasi," ujar pejabat pemerintahan Korsel Cho Hyun-dong.

Menurutnya, ketiga negara sepakat tentang perlunya respons yang lebih kuat. Langkah itu akan diambil, jika Korut melanjutkan uji coba nuklir ketujuh.

Baca juga: Korut Tembakan 100 Peluru Artileri ke Perbatasan

Seoul dan Washington sudah berulang kali menduga bahwa Pyongyang hampir melakukan uji coba bom atom untuk pertama kalinya sejak 2017. "Semua tindakan ini sembrono dan sangat tidak stabil," pungkas Wakil Menteri Luar Negeri AS Wendy Sherman.

Pihaknya pun mendesak Korsel untuk menahan diri dari provokasi lebih lanjut. Pada bulan lalu, Pemimpin Korut Kim Jong-un menyebut negaranya sebagai kekuatan nuklir yang tidak dapat diubah.

Baca juga: Uji Coba Rudal Korut Resahkan Korsel Bikin Situasi Memanas

Sekaligus, mengisyaratkan urgensi untuk mengakhiri negosiasi atas program senjata terlarangnya. Wakil Menteri Luar Negeri Jepang Takeo Mori mengatakan bahwa aktivitas nuklir dan misil Korut yang intensif, menjadi tantangan serius bagi masyarakat internasional. 

"Kami sepakat untuk meningkatkan pencegahan di wilayah kami, dengan tujuan denuklirisasi Korea Utara," tuturnya.

Ketiga negara juga membahas berbagai masalah, termasuk perang di Ukraina, Tiongkok dan Taiwan. Namun, Mori dan Cho mengungkapkan belum ada diskusi tentang hubungan bilateral antara Jepang dan Korsel, yang sudah lama tegang.(AFP/OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat