visitaaponce.com

Tiongkok Larang Muslim Uighur Berpuasa

Tiongkok Larang Muslim Uighur Berpuasa
Ilustrasi - Larangan berpuasa untuk muslim muslim Uighur,(MI/Susanto )

PEMERINTAH Komunis Tiongkok melarang umat Islam berpuasa selama bulan Ramadan. Menurut laporan organisasi Radio Free Asia, Tiongkok memantau dengan alat khusus untuk mendeteksi orang yang berpuasa.

Tiongkok secara konsisten menyerang tradisi, budaya, dan kegiatan umat Muslim. Muslim Uighur diperintahkan untuk tidak mengizinkan anak-anak mereka berpuasa.

"Pihak berwenang Tiongkok menerapkan sistem pemantauan sepanjang waktu, termasuk inspeksi langsung ke rumah keluarga Uighur," kata Juru Bicara Kongres Uighur Dilshat Rishit.

Baca juga: Indonesia Pertimbangkan Kerja Sama Nuklir dengan Korea Selatan

Selama bulan suci Ramadan, lanjut dia, pihak berwenang Tiongkok menerapkan sistem pemantauan sepanjang waktu, termasuk inspeksi langsung ke rumah keluarga Uighur di 1.811 desa di Xinjiang.

Pemerintah Komunis menekan umat Islam untuk makan daging babi dan minum alkohol. Muslim Uighur di wilayah barat laut Xinjiang juga dipenjara dan dipaksa melakukan kerja paksa.

Baca juga: Kemenlu Pastikan tidak Ada Korban WNI Dalam Kecelakaan Bus Arab Saudi 

"Kaum hawa Uighur menjadi sasaran kekejaman seperti pemerkosaan dan eksploitasi seksual," jelas Rishit.

Dia meminta dunia untuk bertindak tegas terhadap perlakuan Tiongkok kepada Muslim Uighur. Rishit juga menyayangkan Turki dan Pakistan yang kerap melawam Islamofobia di India. Namun, sekarang kedua negara tersebut tidak berkomentar tentang kebijakan anti-Muslim Tiongkok. (Sanatan Prabhat/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat