visitaaponce.com

Prancis Telisik Bisnis Mode Terkait Kerja Paksa Uighur

Prancis Telisik Bisnis Mode Terkait Kerja Paksa Uighur
Hakim Prancis membuka penyelidikan atas tuduhan empat bisnis mode,yang mendapat keuntungan dari kerja paksa minoritas Uighur di Tiongkok(AFP)
<p>HAKIM Prancis telah membuka penyelidikan atas tuduhan empat bisnis mode, termasuk Uniqlo dan Zara, yang mendapat keuntungan dari kerja paksa minoritas Uighur di Tiongkok.

Sebuah sumber peradilan mengatakan, para hakim di kantor kejaksaan anti-teror nasional di Paris sedang menyelidiki klaim bahwa perusahaan multinasional itu terlibat dalam kejahatan terhadap kemanusiaan, membenarkan sebuah laporan di situs web investigasi Mediapart.

Kasus ini didasarkan pada pengaduan yang diajukan pada bulan April oleh kelompok anti-korupsi Sherpa, Kampanye Pakaian Bersih cabang Prancis, dan Institut Uyghur Eropa, serta oleh seorang wanita Uighur yang telah ditahan di sebuah kamp di Xinjiang, Tiongkok.

Baca juga : Beli Grupo Big, Carrefour Kini Nomor Satu di Brasil

Mereka menuduh Inditex, pemilik Spanyol Zara dan merek top lainnya, Uniqlo, grup mode Prancis SMCP, dan produsen alas kaki Skechers menggunakan kapas yang diproduksi di wilayah Xinjiang.

Kelompok-kelompok hak asasi manusia percaya setidaknya satu juta orang Uighur dan sebagian besar minoritas Muslim lainnya telah dipenjara di kamp-kamp di wilayah Xinjiang, di mana Tiongkok juga dituduh mensterilkan perempuan secara paksa dan menerapkan kerja paksa.

Amerika Serikat mengatakan "genosida" telah dilakukan terhadap orang-orang Uighur dan minoritas Muslim lainnya di wilayah tersebut, sementara Beijing telah membantah semua tuduhan pelanggaran dan bersikeras bahwa kebijakannya di Xinjiang diperlukan untuk melawan ekstremisme.

Baca juga :  Seruan Boikot Produk Prancis, ini Respons Danone

AS telah mengumumkan larangan impor pada beberapa perusahaan yang beroperasi di Xinjiang, termasuk pembuat panel surya Hoshine Silicon Industry.

Beberapa merek konsumen utama termasuk Uniqlo, H&M, Nike dan Adidas mengumumkan tahun lalu bahwa mereka akan berhenti membeli kapas dari wilayah tersebut, yang mengarah pada seruan boikot di Tiongkok. Inditex membantah telah menggunakan kapas dari Xinjiang.

"Kelompok ini memiliki kontrol ketertelusuran yang ketat yang memungkinkan kami untuk menentukan bahwa tuduhan dalam pengaduan itu tidak berdasar," kata seorang perwakilan perusahaan tersebut.

Baca juga : Perusahaan Prancis Total Energies Incar Investasi di Nigeria

“Perusahaan memiliki kebijakan nol toleransi untuk kerja paksa dan memiliki prosedur yang menjamin bahwa praktik tidak ada dalam rantai pasokan kami,” tambah perwakilan tersebut.

Uniqlo, yang telah mengambil posisi publik menentang kerja paksa orang-orang Uighur, diduga telah mengambil kapas dari provinsi Anhui di mana ribuan pekerja Uighur telah dipindahkan.

SMCP diduga menjadi pemegang saham di sebuah perusahaan dengan pabrik di Xinjiang, tetapi perusahaan itu membantahnya dan mengatakan akan bekerja sama dengan penyelidik. (Straitstimes/OL-13)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat