visitaaponce.com

Junta Myanmar Bubarkan Partai Pimpinan Suu Kyi

Junta Myanmar Bubarkan Partai Pimpinan Suu Kyi
Bendera NLD dikibarkan saat aksi demonstrasi di Yangon, Myanmar.(AFP/Ye Aung THU)

KOMISI Pemilihan Umum Myanmar, yang merupakan perpanjangan tangan junta militer, Selasa (28/3), mengumumkan pembubaran partai pimpinan Aung San Suu Kyi, Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) berdasarkan Undang-Undang Pemilu yang baru.

Militer Myanmar membenarkan kudeta yang mereka lakukan pada Februari 2021 dengan klaim bahwa pemilu 2020 yang dimenangkan oleh NLD penuh dengan kecurangan.

Kudeta itu mengakhiri 10 tahun kepemimpinan sipil di Myanmar dan menyebabkan negara Asia Tenggara itu dilanda kekacauan.

Baca juga: Inggris Jatuhkan Sanksi kepada Dua Pemasok Junta Myanmar

Januari lalu, junta militer memberikan tenggat dua bulan kepada partai untuk mendaftar ulang berdasarkan aturan pemilu baru menjelang pemilu yang dijanjikan akan digelar.

Dari 90 partai politik yang ada di Myanmar, hanya 50 yang mendaftar ulang berdasarkan aturan baru itu. Partai politik sisanya dibubarkan sejak Rabu (29/3).

Suu Kyi mendirikan NLD pada 1988 dan menang telak dalam pemilu 1990 namun hasil pemilu itu dibatalkan oleh junta militer.

Baca juga: Pemimpin Junta Myanmar Bersumpah Tindak Tegas Penentangnya sebelum Pemilu

NLD terus menjadi pejuang demokrasi di Mynamar dan kemudian menang telak atas partai bentukan militer pada pemilu 2015 dan 2020.

Kepemimpinan NLD telah diberantas oleh junta militer lewat kudeta berdarah dengan salah satu anggota DPR dari NLD dieksekusi mati, yang merupakan hukuman mati pertama di Myanmar dalam puluhan tahun. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat