visitaaponce.com

Lebih dari 500 Anak di Ukraina Tewas akibat Perang

Lebih dari 500 Anak di Ukraina Tewas akibat Perang
Aktivis meletakkan boneka sebagai bentuk duka cita terhadap anak-anak yang meninggal akibat perang di Ukraina.(AFP/John Macdougall)

Dana Anak Perserikatan Bangsa-bangsa (United Nations Children’s Fund/UNICEF) menyatakan lebih dari 500 anak tewas di Ukraina sejak Rusia melancarkan agresi pada awal tahun 2022.

Direktur Eksekutif UNICEF Catherine Russell menyebut itu sebagai peristiwa tragis yang semestinya bisa segera diakhiri demi keselamatan anak-anak lain di Kawasan tersebut.

''Ini adalah sejarah tragis bagi anak-anak dan keluarga Ukraina. Sejak eskalasi perang pada Februari 2022, sedikitnya 501 anak telah terbunuh,'' ujar Russell melalui akun Twitternya, Senin (3/4).

Baca juga: Amerika Serikat Berang Dengar Klaim Rusia Kuasai Bakhmut

Dia mengatakan besar kemungkinan angka kematian anak di Ukraina jauh lebih tinggi daripada angka yang diverifikasi oleh UNICEF. Itu bisa terjadi mengingat ada kemungkinan kasus kematian yang tidak terlaporkan.

Russell juga mengatakan hampir 1.000 anak telah terluka baik fisik maupun mental yang dapat menimbulkan trauma berkepanjangan.

Baca juga: IMF Setujui Bantuan US$15,6 Miliar untuk Ukraina

''Di balik setiap angka kematian, ada keluarga yang tercabik-cabik dan berubah selamanya. Ini menyayat hati,'' kata dia.

''Pada akhirnya, anak-anak dan keluarga membutuhkan kedamaian, tetapi hal itu datang terlalu lambat," tandasnya. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat