visitaaponce.com

Pengungsi Suriah Terpilih Jadi Wali Kota di Jerman

Pengungsi Suriah Terpilih Jadi Wali Kota di Jerman
Ryyan Alshebl(Dok. Instagram Ryyan Alshebl )
Seorang pengungsi asal Suriah di Jerman, Ryyan Alshebl terpilih menjadi Wali Kota Ostelsheim. Pria berusia 29 tahun itu meninggalkan rumahnya di Sweida, Suriah selatan, pada 2015.

Delapan tahun berselang, Alshebl kini bertanggung jawab atas sebuah kota berpenduduk 2.500 orang di negara bagian Baden-Württemberg. Meski secara pribadi dia merupakan anggota Partai Hijau, Alshebl mencalonkan diri sebagai kandidat independen.

Dia mendapatkan mayoritas suara mutlak atau 55,41% dalam pemilihan pada Minggu (2/04). Alshebl menggambarkan kampanye pemilunya sangat positif.

Baca juga: Rusia Protes Tindakan Provokatif Pasukan AS di Suriah

Penyiar publik lokal, SWR, melaporkan bahwa Wali Kota baru itu meninggalkan Suriah ketika berusia 21 tahun untuk menghindari wajib militer selama perang saudara yang sedang berlangsung di negara asalnya.

Ratusan ribu pengungsi datang ke Jerman pada 2015, sebagian besar melarikan diri dari perang di Suriah. Alshebl kemudian melakukan perjalanan melintasi Mediterania sebelum berakhir di Jerman.

Baca juga: Pemohon Suaka Baru di Uni Eropa Naik 60%

Dia belajar bahasa Jerman dan menyelesaikan magang di bidang administrasi. Alshebl bekerja untuk dewan lokal di kota terdekat, Althengstett, setelah menerima kewarganegaraan Jerman.

Menurut dia setelah memenangkan pemilihan untuk menjadi Wali Kota Ostelsheim, kini berencana untuk pindah ke wilayah administrasinya itu.

Alshebl kemungkinan besar merupakan pejabat di Baden-Württemberg yang berasal dari Suriah. (DW/Z-9)



Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat