visitaaponce.com

Tiongkok Meradang, Ketua DPR AS Bertemu dengan Presiden Taiwan

Tiongkok Meradang, Ketua DPR AS Bertemu dengan Presiden Taiwan
Demonstran mendukung kemerdekaan Taiwan dari Tiongkok(AFP)

KETUA DPR AS Kevin McCarthy duduk bersama presiden Taiwan pada hari Rabu (5/4) dalam sebuah pertemuan di California. Kondisi itu telah memicu kemarahan dan peringatan keras dari Tiongkok.

Pertemuan di luar Los Angeles ini dilakukan dalam persinggahan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen, setelah melakukan perjalanan ke dua negara di Amerika Latin untuk mengunjungi beberapa sekutu resmi Taiwan yang masih tersisa.

Beijing mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya sendiri dan menolak setiap kontak resmi yang dilakukan Taipei dengan negara lain.

Baca juga : Belasan Jet Tempur dan Drone Tiongkok Lintasi Selat Taiwan

Minggu ini, Tiongkok memperingatkan McCarthy, seorang anggota Partai Republik dan penduduk asli California yang berada di urutan kedua dalam bursa calon presiden AS, bahwa ia bermain api dengan bertemu Tsai.

Baca juga : Presiden Taiwan Melawat ke AS, Tiongkok Ancam Ambil Tindakan

“Tiongkok sangat menentang AS yang mengatur agar Tsai Ing-wen transit di wilayahnya, dan sangat menentang pertemuan antara Ketua DPR Kevin McCarthy, pejabat peringkat ketiga AS, dan Tsai Ing-wen," kata juru bicara kementerian luar negeri Tiongkok Mao Ning kepada para 

Taiwan, sebuah negara demokrasi yang sedang berkembang, telah memerintah sendiri selama beberapa dekade. Taiwan memiliki kekuatan militernya sendiri, peradilan yang independen, dan semua perangkap dari sebuah negara yang berfungsi penuh.

Namun hanya segelintir negara yang mengakuinya sebagai negara berdaulat.

Amerika Serikat secara resmi mengakui Beijing, tetapi merupakan pendukung penting Taiwan, dan mempertahankan hubungan tidak resmi yang kuat.

Taipei menikmati dukungan bipartisan yang kuat di Kongres AS, dan semakin dekat dengan Washington di bawah kepemimpinan Tsai. (AFP/Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat