visitaaponce.com

WNI yang Dievakuasi Dari Sudan Tiba di Asrama Haji untuk Karantina

SEBANYAK 385 Warga Negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Sudan telah tiba di Tanah Air, Jumat (28/4) pagi. Saat ini mereka sudah berada di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, untuk menjalani karantina selama lima hari kedepan. 

"Kita akan siapkan tempat sementara ini untuk 5 hari ke depan namun kalau dibutuhkan lebih dari 5 hari, akan kami pertimbangkan penanganannya," ujar Asdep Kedaruratan dan Manajemen Pascabencana Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK), Nelwan Harahap, Jumat (28/4).

Selama lima hari, para WNI akan diperiksa kesehatannya oleh Kementerian Kesehatan (kemenkes). Pemerintah juga melakukan pemeriksaan antigen terhadap para WNI yang sudah datang dan memeriksa vaksinasi. 

Baca juga: 385 WNI yang Dievakuasi dari Sudan Tiba di Indonesia

Terkait mekanisme pemulangan WNI ke daerahnya masing-masing, pemerintah telah menyiapkan tiga skenario. Pertama pemulangan mandiri.

"Kita akan melakukan assessment, dari mereka yang ingin melakukan pemulangan mandiri. Namun kami tetap akan meminta kontak dari keluarganya sebagai jaminan yang bersangkutan bisa selamat dan sampai di tujuan," ujar Nelwan.  

 

Baca juga:Ketua DPR Ingatkan Keselamatan WNI Harus Jadi Prioritas Evakuasi di Sudan

Opsi kedua, pemulangan oleh pemerintah daerah. Kemenko PMK terlah melakukan koordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). 

"Skenario kedua, melalui Kemendagri untuk berkoordinir dengan pemerintah daerah yang dituju agar dapat membantu pemulangan," ujar Nelwan. 

Sedangkan opsi terakhir diperuntukan bagi WNI yang tidak mampu. "Jika ada WNI yang tidak mampu pemulangan mandiri dan pemerintah daerah juga tidak ada konfirmasi untuk pemulangan, maka kami akan berkordinasi dengan lembaga kemanusiaan untuk membantu pemulangan," ungkap Nelwan.

Kedatangan WNI yang dievakuasi dari Sudan akibat perang saudara yang terjadi di kawasan itu dilakukan secara bertahap. Rencananya pemulangan WNI tahap dua akan dilakukan Sabtu (29/4) dari Jeddah dan tiba di Indonesia pada Minggu (30/4). Sedangkan tahap tiga dilakukan 30 April menggunakan pesawat TNI AU. (Z-3)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat