visitaaponce.com

363 WNI dari Sudan Tiba di Tanah Air

363 WNI dari Sudan Tiba di Tanah Air
WNI dari Sudan dievakuasi menggunakan pesawat Garuda Indonesia.(AFP/KEMENTERIAN LUAR NEGERI RI)

PEMERINTAH bergerak cepat untuk memulangkan Warga Negara Indonesia (WNI) secara bertahap dari Sudan. Sebanyak 363 WNI telah tiba di Tanah Air menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA 991 pada Minggu (30/4).

Pada Jumat (28/4), Kementerian Luar Negeri mengatakan 385 WNI telah kembali ke Indonesia. Dari dua kali pemulangan ini jumlah total WNI yang telah dipulangkan dari Jeddah ke Indonesia sebanyak 748 orang.

"Kementerian Luar Negeri mengucapkan terima kasih kepada seluruh kementerian/lembaga terkait yang telah mendukung upaya evakuasi serta penanganan WNI evacuee di dalam negeri," ungkap pernyataan resmi Kementerian Luar Negeri, Minggu (30/4).

Baca juga: Pertempuran di Sudan Telan 411 Nyawa

Tidak hanya WNI, pemerintah juga membantu mengevakuasi sejumlah warga negara asing. WNI yang telah dipulangkan ke Tanah Air diinapkan di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, untuk penanganan lebih lanjut oleh kementerian/lembaga terkait, sebelum dipulangkan ke daerah asalnya.

Konflik militer di Sudan antara militer Sudan dan paramiliter (RSF) terjadi pada Sabtu (15/4). Konflik tersebut mengancam situasi keamanan di Sudan sehingga KBRI Khartoum menetapkan status Siaga II pada keesokan harinya.

Baca juga: Banyak Mahasiswa Indonesia di Sudan, Ini 3 Bidang Studi yang Jadi Incaran

Dengan meningkatnya eskalasi konflik tersebut, pada Kamis (20/4), KBRI Khartoum menetapkan status Siaga I. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat